Jelang Iduladha, Kemenag Koordinasi dengan Kanwil Daerah

Kemenag menggelar Rapat Koordinasi jelang pelaksanaan Iduladha koordinasi dengan kantor wilayah dilakukan intensif untuk menekan penyebaran Covid.
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Tagar/Dok Menag)

Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) jelang pelaksanaan Iduladha. Koordinasi dengan kantor wilayah (kanwil) dilakukan intensif. Rapat evaluasi ini juga akan kembali digelar Kemenag pada H-1 Idul Adha 1442H. 

Dalam kesempatan itu, terlihat sejumlah Kakanwil hadir pada rakor ini melaporkan proses sosialisasi dan implementasi SE No17 tahun 2021 diantaranya Kakanwil Kemenag DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kakanwil Kemenag Bali

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi Kanwil Kemenag Bali yang sukses melakukan sosialisasi dan implementasi SE No17 tahun 2021 dan berharap Kanwil Kemenag lainnya dapat mengikutinya. 

 

Upaya ini merupakan kontribusi kita dalam melindungi warga dari pandemi Covid-19 apalagi varian delta Covid-19 memiliki potensi penyebaran 7 kali lipat dari varian sebelumnya.

 

"Saya mengapresiasi Kanwil Kemenag Bali. Berdasarkan catatan kami, Kemenag Bali sudah melakukan sosialisasi baik ofline dan online lebih dari 12.000 kali. Saya kira ini bisa menjadi contoh bagi Kanwil lainnya. Terima kasih Bu Kanwil," kata Menag seperti dikutip dalam laman resmi Kemenag, Senin, 19 Juli 2021.

Para Kanwil Kemenag pun turut memberikan informasi mengenai berbagai kendala dalam sosialisasi dan pelaksanaan prokes Iduladha 1442 H. 

Misalnya, maraknya berita hoaks, baik yang terkait Covid-19 ataupun informasi diperbolehkannya Salat Idul Adha oleh pemerintah. Oleh karena, itu Menag meminta kepada Kepala Kanwil Kemenag dan pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) di wilayah PPKM Darurat dan wilayah lainnya di Indonesia untuk meningkatkan koordinasi dengan TNI, Polri dan Pemda dalam menyambut Iduladha 1442H. 

"Upaya ini merupakan kontribusi kita dalam melindungi warga dari pandemi Covid-19. Apalagi varian delta Covid-19 memiliki potensi penyebaran 7 kali lipat dari varian sebelumnya. Saya minta Kakanwil Kemenag dan Rektor PTKN untuk lebih masif berkoordinasi dengan TNI, Polri dan Pemda dalam sosialisasikan prokes SE No 17 ini," ujar Yaqut. []

Berita terkait
Kemenag Inisiasikan Bentuk Ditjen Khusus Pesantren
Staf Khusus Menteri Agama Nuruzzaman mengatakan pihaknya sedang penggodokan rencana pembentukan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pesantren di Kemenag.
Kemenag Gelar Serifikasi Wawasan Kebangsaan Bagi Pendakwah
Kementerian Agama (Kemenag) berencana menggelar sertifikasi wawasan kebangsaan untuk para pendakwah yang merupakan program modernisasi beragama.
Kemenag Tidak akan Manoleransi KUA yang Lakukan Pungli
Kemenag menyatakan, tidak menoleransi adanya pungutan liar yang terjadi di setiap lini layanan publik termasuk di KUA.
0
Jelang Iduladha, Kemenag Koordinasi dengan Kanwil Daerah
Kemenag menggelar Rapat Koordinasi jelang pelaksanaan Iduladha koordinasi dengan kantor wilayah dilakukan intensif untuk menekan penyebaran Covid.