UNTUK INDONESIA
Jawa Barat, Provinsi Halal Pertama di Indonesia
Pemerintah Provinsi Jawa Barat meminta lebih banyak lagi produk yang berasal dan beredar di daerah itu bersertifikat halal.
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum bersama Ketua Bidang Syariah dan Produk Halal MUI Jawa Barat Mustafa Jamaludin. (Foto: Tagar/Fitri Rachmawati)

Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat adalah provinsi terbesar sebagai konsumen dan produsen produk bersertifikat halal. 

Saat ini Jawa Barat adalah wilayah dengan mayoritas penduduk beragama Islam, sehingga daerah ini paling banyak mengkonsumsi produk halal, sehat, dan bergizi.

"Saya minta kepada kabupaten dan kota mengeluarkan sertifikat halal untuk produk makanan yang dihasilkan Industri Kecil Menengah (IKM) di daerahnya. Termasuk di dalamnya adalah menyertifikasi produk halal yang ada di Jawa Barat. Jadi, saya minta kepada bupati atau wali kota untuk mendorong lahirnya produk yang memiliki sertifikat halal,” tutur Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum pada keterangan tertulisnya di Bandung pada Selasa, 23 Juli 2019.

Selain alasan permintaan terhadap konsumsi produk halal yang tinggi, jelas Uu, sertifikasi halal juga dinilai sangat penting, terutama bagi IKM (industri kecil menengah) yang rata-rata memproduksi berbagai macam jenis olahan makanan dan minuman. Itu juga sebagai akselerasi program Jabar Juara Lahir dan Bathin sebagaimana janji politik Ridwan Kamil dan dia.

Saya minta kepada kabupaten dan kota mengeluarkan sertifikat halal untuk produk makanan yang dihasilkan Industri Kecil Menengah (IKM) di daerahnya.

"Oleh karena itu, hal ini [sertifikat halal] adalah tanggung jawab kami sebagai pemerintah untuk mensertifikasi halal produk IKM bekerja sama dengan MUI [Majelis Ulama Indonesia] yang mempunyai legalitas, dan karena visi misi kami adalah kolaborasi dan inovasi, artinya kita tetap harus berkolaborasi dengan kabupaten atau kota.” ujar Uu.

Ditempat yang sama, Ketua Bidang Syariah dan Produk Halal MUI Jawa Barat Mustafa Jamaludin menambahkan MUI Jawa Barat telah mengeluarkan 25.000 sertifikat halal. Sekitar 7.000 dari produk itu merupakan fasilitasi dari berbagai lembaga.

β€œDan fasilitasi terbesar dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, sehingga Jawa Barat menjadi provinsi terbesar di Indonesia yang telah banyak memberikan fasilitasi halal kepada IKM.” tambah dia.

Oleh karena itu, Jawa Barat disebut sebagai provinsi halal pertama di Indonesia. Kedepannya, MUI Jawa Barat berhadap pada 2020 Jawa Barat bisa menjadi juara di sektor IKM dan UKM bersertifikat halal. []

Baca juga:

Berita terkait
0
Universitas Cenderawasih Usul Opsi Judicial Review
Universitas Cenderawasih polemik Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 Tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU KPK).