UNTUK INDONESIA

Instagram Punya Tampilan Baru, Ada Fitur Reels dan Shop

Kehadiran desain baru ini diharapkan dapat memberikan penyegaran yang dibutuhkan pengguna tanpa meninggalkan nilai inti kesederhanaan Instagram.
Tampilan baru Instagram dengan tab Reels dan Shop. (Foto: Tagar/The Verge)

Jakarta - Instagram secara resmi mengubah tampilan aplikasinya dengan menghadirkan fitur Reels dan Shop (belanja). Hal ini diketahui dari informasi yang diunggah CEO Instagram, Adam Mosseri dalam akun Instagram pribadinya.

"Hari ini kami mengumumkan beberapa perubahan besar pada Instagram, yakni tab Reels dan tab Shop. Pembaruan ini mewakili bagaimana anak muda dan kreator menggunakan Instagram dan terlibat dengan dunia. Tahun ini kami telah melihat ledakan singkat, video yang menghibur. Kami juga melihat lebih banyak orang membeli secara online dan mencari kreator untuk mendapatkan rekomendasi belanja⁣," kata Mosseri, sebagaimana dikutip Tagar, Jumat, 13 November 2020.

Dalam pernyataannya, Mosseri mengatakan bahwa Tab Reels ini akan menjadi semacam panggung atau tempat untuk berbagi kreativitas pengguna Instagram dan bisa mendapatkan kesempatan untuk keluar menemukan penonton. Sementara untuk tab Toko dihadirkan untuk mendukung bisnis kecil menemukan rekomendasi yang dipersonalisasi, serta koleksi produk toko.

"Tab Reel memudahkan untuk menemukan video pendek dan menyenangkan dari pembuat konten di seluruh dunia. Tab Toko memberi Anda cara yang lebih baik untuk terhubung dengan merek dan menemukan produk yang Anda sukai," ucapnya.

Tab Reels dan Shop ini dapat ditemukan di sisi bawah, sejajar dengan tombol home, pencarian (explore), dan profil. Dua tab baru ini menggantikan posisi tab unggah foto atau video dan notifikasi. Kini dua tab yang digantikan tersebut dipindahkan ke bagian atas, berjajar dengan tab pesan langsung (dirrect message/DM).

Instagram memang sudah cukup lama tidak melakukan pembaruan dari sisi tampilan. Kehadiran desain baru ini diharapkan dapat memberikan penyegaran yang sangat dibutuhkan pengguna tanpa meninggalkan nilai inti kesederhanaan Instagram.

"Kami tidak menganggap enteng perubahan ini. risiko terbesar kita bukanlah karena kita berubah terlalu cepat, tetapi kita tidak berubah dan menjadi tidak relevan," kata Mosseri.

Sebagai catatan, dua fitur baru ini baru tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat dan beberapa negara lain. Namun Instagram juga akan menghadirkan fitur ini untuk pengguna Indonesia dalam waktu dekat ini.[]

Berita terkait
Fitur Live di Instagram Kini Bisa Berdurasi Empat Jam
Penambahan durasi Live ini ditujukan untuk para penggunanya yang perlu durasi lebih lama dalam menyiarkan sebuah konten.
Durasi Video Instagram Reels Kini Bisa 30 Detik
Kini durasi video Reels sudah diperpanjang menjadi 30 detik setelah sebelumnya hanya terbatas untuk 15 detik saja.
6 Artis yang Memasang Tarif Iklan Termahal di Instagram
Jejeran enam artis berikut ini meraup keuntungan dengan memposting iklan ke dalam akun Instagram pribadinya.
0
Instagram Punya Tampilan Baru, Ada Fitur Reels dan Shop
Kehadiran desain baru ini diharapkan dapat memberikan penyegaran yang dibutuhkan pengguna tanpa meninggalkan nilai inti kesederhanaan Instagram.