Jakarta, (Tagar 4/11/2017) - Nama Samuel Christianson Simanjuntak kini bukan merupakan sosok asing di Tim Nasional Sepakbola Indonesia. Putra pasangan Sam Houston Simanjuntak dan Tati Helyanti itu merupakan bagian dari Timnas U-19.

Nama Samuel mulai banyak dikenal sejak bermain bagi Timnas Indonesia di Piala AFF U-18 di Myanmar, September 2017 lalu. Ia menjadi andalan Indonesia di sektor kiri karena posisi Samuel adalah bek sayap.

Pemuda kelahiran Jakarta, 31 Juli 1999 itu mengawali karier sepakbola sejak usianya masih belia. Samuel merupakan jebolan Sekolah Sepakbola (SSB) Jakarta Football Academy.

Saat usianya 12 tahun, Samuel terpilih dalam seleksi pemain yang diberi kesempatan untuk berlatih bersama salah satu klub Inggris, Southampton pada tahun 2012.

Ceritanya, pada tahun 2012 itu, Samuel yang saat itu masih tergabung dengan JFA, terpilih sebagai salah satu peserta yang berlatih di akademi sepak bola Southampton.

Samuel saat berhadapan dengan Brunei (Foto: Instagram) Samuel saat berhadapan dengan Brunei

JFA memilih Southampton sebagai salah satu kiblat sekolah sepak bola yang terbaik di Inggris untuk anak-anak usia dini, khususnya untuk kelompok usia 9 tahun hingga 16 tahun.

Sekolah usia dini Southampton melahirkan nama-nama tenar seperti Alex Oxlade-Chamberlain, Gareth Bale, dan Alan Shearer.

Sepak terjang Samuel terus berlanjut. Pemain yang memiliki spesialisasi bek sayap ini kemudian berkesempatan untuk menimba ilmu di sebuah akademi sepakbola ternama di Valencia, Spanyol, yakni Royal European Football Academy (REFA).

Samuel Christianson Simanjuntak Samuel Christianson Simanjuntak (Foto: Instagram)

Sebelum bergabung dengan Timnas U-19 asuhan Indra Sjafri, Samuel resmi dikontrak untuk memperkuat skuat Persija U-19 selepas pulang dari Spanyol.

Berikut profil singkat Samuel Christianson Simanjuntak

Nama Lahir: Samuel Christianson Simanjuntak

Nama Panggilan: Samuel

Asal: Jakarta

Lahir: 31 Juli 1999

Zodiak: Leo

Agama: Kristen

Pekerjaan: Pemain Sepakbola

Posisi: Bertahan/Defender

Orang tua: Sam Houston Simanjuntak dan Tati Helyanti

Twitter: twitter.com/samuelchrs

Facebook: facebook.com/samuel.christianson.7

(Fet)