Ini Fakta Mandi Air Hangat Saat Sakit

Sebuah studi di India mengungkapkan bahwa orang sakit yang mandi dengan air hangat dan diberi obat penurun panas mengalami penurunan suhu tubuh yang lebih cepat
Jika Anda mengalami gejala flu, mandi dengan air hangat dapat membantu pengenceran dan pengeluaran lendir di saluran napas serta mengurangi rasa pegal. (Foto: Ist)

Jakarta, (Tagar 19/11/2017) Saat Anda sedang kurang sehat, tak jarang Anda akan menghindari mandi dengan alasan bisa memperparah penyakit yang sedang Anda derita.

Tapi apa jadinya jika air mandi yang Anda gunakan saat sedang kurang sehat itu adalah air hangat?

Faktanya, mandi dengan air hangat justru menjadi salah satu cara untuk meringankan keluhan yang dialami anak saat sakit. Gak percaya?

Sebuah studi di India mengungkapkan bahwa orang sakit yang mandi dengan air hangat dan diberi obat penurun panas mengalami penurunan suhu tubuh yang lebih cepat, dibandingkan orang sakit yang diberi obat penurun panas saja.

Jika Anda mengalami gejala flu, mandi dengan air hangat dapat membantu pengenceran dan pengeluaran lendir di saluran napas serta mengurangi rasa pegal.

Hal tersebut, disampaikan oleh dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid menurutnya saat sakit, mandi tidak akan akan memperberat gejala, namun justru akan mengurangi rasa gatal yang dialami.

“Jika Anda hendak mandi saat sedang sakit, suhu air yang dianjurkan adalah berkisar antara 37 hingga 38 derajat celcius. Apabila tidak memiliki termometer, periksalah airnya dengan punggung tangan Anda untuk memastikan suhunya tidak terlalu panas,” paparnya.

Selain itu ia menganjurkan agar tetap menggunakan sabun seperti biasa, namun akan lebih baik lagi jika menggunakan sabun antibakteri. Hindari memandikan anak lebih dari 15 menit.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan bahwa mandi tidak akan memperburuk keadaan saat sedang sakit? Ingat, mandi dengan cara yang tepat justru akan membantu meringankan sakit lho. (dbs)

Rizkia Sasi Utami

Berita terkait
0
Pancasila, Nilai Luhur Bangsa Penuntun di Kegelapan
Nilai-nilai dalam Pancasila merupakan perasan dari nilai kehidupan bangsa yang bisa menuntun seluruh anak bangsa untuk berfikir dan bersikap.