Jakarta, (Tagar 19/11/2018) - Pernahkah Anda bertanya bagaimana pengusaha sukses melalui hari mereka? Jawabannya sangat sederhana: membuat beberapa perubahan gaya hidup dan mengadopsi kebiasaan baru.

Sebenarnya, orang yang sukses memiliki satu kesamaan, yaitu kebiasaan hebat dan rutinitas produktif. Apakah Anda juga ingin mengikuti jejak orang-orang hebat di dunia bisnis seperti Jeff Bezos atau Richard Branson? 

Jeff Bezos pengusaha terkaya di dunia sepanjang sejarah modern. Ia adalah pendiri, chairman, CEO, presiden dan pemilik saham mayoritas perusahaan teknologi terbesar di dunia Amazon.com. 

Kekayaan bersihnya US$ 165 miliar (sekitar Rp 2.500 triliun). Lulusan Universitas Princeton, Bezos pernah menjadi anggota Phi Beta Kappa, bekerja sebagai analis keuangan untuk DE Shaw & Co. Sebelum mendirikan Amazon pada tahun 1994, ia pernah dipilih sebagai Person of the Year oleh majalah Time.

Richard Branson seorang industrialis asal Inggris, dikenal telah mendirikan 360 perusahaan di bawah bendera Virgin Group.

Branson sukses mendirikan bisnis pertama kali pada umur 16 tahun, ketika ia mempublikasikan sebuah majalah bernama Student. Ia mendirikan sebuah bisnis audio record mail-order pada tahun 1970. Pada 1972, ia membuka ritel toko kaset, Virgin Records, yang kemudian menjadi Virgin Megastores. Merek Virgin yang diciptakan Branson tumbuh dengan pesat pada tahun 1980-an setelah ia mendirikan Virgin Atlantic Airways dan melakukan ekspansi untuk Virgin Records.

Richard Branson adalah orang terkaya ke-261 menurut daftar orang terkaya 2009 versi Forbes, dengan estimasi kekayaan £2.6 miliar (US$3.9 miliar).

Ingin seperti mereka? Berikut ini kebiasaan orang sukses yang patut ditiru seperti dilansir Career Addict.

1. Olahraga

Ketika sibuk, kita cenderung menggunakan berbagai alasan untuk menghindari olahraga. Dengan mengatakan: 'Saya terlalu sibuk' atau 'Terlalu banyak pekerjaan yang harus saya lakukan' atau 'Saya terlalu lelah', seolah menjadi pembenaran.

Coba ubah kebiasaan Anda dengan memprioritaskan olahraga pada jadwal harian untuk menjaga pikiran yang sehat. Memang, olahraga membuat Anda lebih kreatif dan tetap produktif untuk jangka waktu yang lebih lama.

Anda bisa mencontoh Richard Branson. Dia bangun jam 5 pagi setiap pagi untuk berlari atau bersepeda. Ia yakin kebiasaan tersebut telah membantunya meningkatkan produktivitas. Kita bisa melihat ia menjadi pria yang sukses saat ini.

2. Jangan Mudah Terganggu

Video YouTube dan Facebook yang lucu, foto menarik di Instagram, hingga meme di Twitter bisa membuat Anda teralihkan dari pekerjaan utama. Cobalah untuk tidak membiarkan hiburan yang tidak penting menghabiskan waktu Anda.

Sebaliknya, atur jam-jam tertentu di mana Anda dapat menjelajahi media sosial di luar jam kerja. Misalnya, Anda bisa membalas komentar di Facebook pada jam makan siang. Anda juga harus berusaha menghindari godaan menonton episode serial favorit, dan menunda tugas penting.

3. Tidur Lebih Awal

Begadang untuk menonton acara TV favorit atau pertandingan olahraga dapat membuat Anda kehilangan produktivitas di pagi hari. Hal ini terjadi karena Anda kurang tidur. Untuk menghindari hal itu, Anda perlu tidur lebih awal agar tubuh bisa mendapat istirahat yang cukup.

Sementara beberapa orang dapat bertahan hidup dengan tidur minimal, jumlah yang disarankan untuk orang dewasa adalah tujuh hingga delapan jam, menurut National Sleep Foundation. Jadi, jika Anda mendapati bahwa Anda tidur kurang dari tujuh jam, Anda mungkin perlu membuat
beberapa perubahan besar dalam pola tidur Anda.

4. Belajar Bangun Lebih Awal

Bangun pagi dapat memberi Anda waktu untuk menyelesaikan hal-hal pribadi. Orang yang suka bangun lebih awal bisa berolahraga, membaca buku, menulis, mengatur pikiran Anda, dan bermeditasi sebelum tiba di tempat kerja.

Mengubah kebiasaan bangun pagi mungkin bukan hal yang mudah. Tapi, Anda bisa memulai dengan memajukan jadwal bangun satu atau dua jam lebih awal. Anda akan merasa jauh lebih baik dan percaya diri dengan diri sendiri.

5. Merencanakan Hari

Dengan merencanakan hari, Anda akan mendapatkan gagasan yang jelas tentang target harian. Jadwal tertulis akan menjaga Anda agar tidak keluar dari jalur yang sudah ditetapkan. 

Perencanaan itu juga akan menghilangkan perasaan cemas. Bahkan, jika hal-hal selama bekerja terjadi di luar rencana, Anda punya daftar capaian sendiri. Jadi, Anda akan tahu apa yang harus dilakukan pada hari berikutnya.

6. Makan Makanan Sehat untuk Nutrisi Otak

Memicu kinerja otak dengan makanan yang tepat sangatlah penting! Asupan nutrisi yang baik dan makan makanan sehat akan menjaga tekanan darah Anda tetap baik, metabolisme berjalan lancar, dan otak berfungsi optimal.

Sementara, jika Anda hanya mengisi tubuh dengan karbohidrat, maka akan merasakan penurunan tingkat energi dan kreativitas. Pada akhirnya, hal ini tidak akan membantu produktivitas di tempat kerja.

7. Menjalin Pertemanan dengan Orang yang Penuh Motivasi

Orang-orang yang ada di sekitar Anda memiliki pengaruh kuat. Jika menghabiskan banyak waktu dengan wirausahawan yang memiliki motivasi tinggi dan berpikiran luas, maka Anda juga akan merasa terinspirasi untuk melakukan usaha keras agar bisa sukses.

Sebaliknya, jika Anda menghabiskan banyak waktu dengan teman yang pemalas dan negatif, maka energi akan terkuras dan akhirnya putus asa untuk bekerja keras. Jadi, berhati-hatilah dengan teman sepergaulan Anda.

8. Luangkan Waktu untuk Bersantai

Meskipun Anda berusaha mendapatkan hasil kerja maksimal, jangan lupa untuk bersantai sejenak di sela pekerjaan untuk menghindari stres.

Pada waktu luang tersebut, Anda bisa membaca buku, mandi, menonton acara hiburan, atau pergi ke kafe bersama teman. Jadi, jangan lupa masukkan jadwal bersantai di dalam agenda Anda.

Sebagian besar pengusaha sukses membutuhkan waktu satu jam sebelum tidur untuk bersantai dan merenungi pencapaian sepanjang hari itu. Lagi pula, perusahaan tempat kerja akan berjalan baik jika karyawan andalan seperti Anda berada pada kondisi optimal.

9. Mendengarkan Musik yang Memotivasi

Mendengarkan lagu motivasi di pagi hari dapat membuat Anda bersemangat. Lagu yang bagus dapat mempengaruhi suasana hati dan membuat Anda merasa percaya diri. Sebaliknya, lagu yang sedih dapat membuat Anda lebih emosional.

Mendengarkan musik yang membangkitkan semangat akan membuat Anda siap untuk menjalani hari. Anda dapat mengubah suasana hati, pola pikir, atau persepsi dengan memilih musik yang memunculkan respons emosional spesifik dalam diri.

10. Meditasi

Hampir semua pemimpin sukses membutuhkan 10 menit untuk melatih pernapasan. Meditasi tersebut untuk memastikan bahwa pikiran dan perasaan tidak mengaburkan penilaian. Anda dapat mengunduh aplikasi seperti Headspace atau Calm yang akan memandu langkah-langkah
meditasi.

11. Buat Daftar Pencapaian

Dengan berfokus pada hal-hal yang telah dicapai dan disyukuri, Anda cenderung memiliki pandangan positif tentang kehidupan pribadi dan profesional. Anda akan berusaha untuk mencapai hasil positif lebih banyak. 

Daftar pencapaian tersebut akan menghindarkan Anda dari pikiran negatif. Dengan melatih kebiasaan ini, Anda akan selalu berjuang untuk kebahagiaan dan kesuksesan.

12. Tetap Teratur

Keteraturan akan membantu mendapatkan hasil maksimal. Keteraturan dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk, mulai dari membuat daftar yang harus dilakukan, menjaga meja tetap rapi, memperbaharui data, dan sebagainya. Hal yang penting adalah bagaimana Anda menafsirkannya agar sesuai dengan rencana pribadi.

13. Keluar dari Dunia Digital

Mencoba mengikuti status sosial di dunia digital secara terus menerus bisa jadi melelahkan. Itulah sebabnya Anda perlu waktu untuk offline dari dunia digital. Anda perlu menjauhkan diri dari perangkat elektronik untuk mengisi ulang baterai dan mengistirahatkan mata dan pikiran agar bisa fokus bekerja.

14. Membuat Catatan

Mulai sekarang, cobalah membuat catatan harian secara teratur. Dalam buku harian tersebut, catat tujuan dan pencapaian jangka panjang. Dengan cara ini, Anda dapat mewujudkan impian dan mengubahnya menjadi kenyataan. Beberapa orang merasa lebih mudah mewujudkan kata-kata yang ditulis di atas kertas. Menulis akan membantu otak Anda mengidentifikasi bahwa hal itu nyata!

15. Mengikuti Tren Industri

Mengikuti perkembangan industri akan membantu Anda mengantisipasi gerakan dan mempersiapkan perubahan besar. Anda bisa menandai artikel penting untuk dibaca selama jam makan siang atau membagikan informasi tentang industri di profil media sosial profesional.

Hal ini penting buat Anda yang sudah duduk di kursi pimpinan. Dengan mengikuti perkembangan industri, Anda akan menjadi orang pertama yang tahu tentang informasi berharga dan membagikannya kepada anggota tim. []