Inggris Siap Buka Pusat Vaksinasi Virus Corona Massal

Para pejabat Inggris mengatakan ribuan warga lansia yang berusia 80 tahun dan lebih sepuh telah terima undangan untuk divaksinasi virus corona
Ilustrasi: Seorang petugas kesehatan menyiapkan suntikan vaksin produksi Oxford University/AstraZeneca di London, Inggris (Foto: voaindonesia.com/AFP).

London – Para pejabat Inggris hari Minggu, 10 Januari 2021, mengatakan ribuan warga lansia yang berusia 80 tahun dan lebih sepuh telah menerima undangan untuk divaksinasi virus corona (Covid-19), ketika Inggris meningkatkan program vaksinasi nasional untuk memenuhi target sekitar 15 juta orang pada pertengahan Februari 2021.

Lebih dari 600 ribu undangan telah dikirim ke seluruh Inggris pekan ini, meminta warga untuk mendaftar di pusat-pusat vaksinasi massal baru yang telah didirikan di seluruh Inggris. Pemerintah mengatakan sejauh ini lebih dari 1,2 juta orang telah mendapat dosis pertama vaksin itu.

Laporan situs independen, worldometer, sampai tanggal 12 Januari 2021 jumlah kasus virus corona di Inggris sebanyak 3.118.518 dengan 81.960 kematian. Inggris ada di peringkat ke-5 dunia dan peringkat ke-2 di Eropa.

ilus2 corona inggrisMargaret Keenan, perempuan berumur 90 tahun di Coventry, jadi orang pertama di dunia yang menerima vaksin Pfizer di Rumah Sakit Universitas di Coventry, Selasa, 8 Desember 2020, pagi (Foto: bbc.com)

Tujuh pusat vaksinasi berskala besar telah dibangun untuk melengkapi sekitar 1.000 lokasi lain di rumah sakit, klinik-klinik kesehatan dan apotek di seluruh Inggris.

Di sebuah pusat vaksinasi massal di Stevenage, di selatan distrik Hertfordshire, para petugas medis divaksinasi hari Minggu setelah pengumuman pemerintah bahwa staff NHS akan diprioritaskan dalam program vaksinasi ini.

Para pejabat berharap vaksinasi massal yang cepat akan membantu Inggris menyudahi kebijakan penutupan sebagian wilayah dan operasi – atau lockdown – yang ketiga sejak Maret 2020 lalu. Kebijakan ini diberlakukan untuk meredam lonjakan perebakan dan kematian akibat virus corona (em/jm)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Inggris Mencacat Jumlah Kasus Virus Corona Tembus 3 Juta
Pada 10 Januari 2021 pukul 07.18 WIB, jumlah konfirmasi positif kasus virus corona di Inggris tembus 3 juta yaitu 3.017.409 dengan 80.868 kematian
Virus Corona Baru Inggris Tidak Terbukti Lebih Mematikan
WHO sebut sedang mempelajari varian virus corona yang ditemukan di Inggris dan Afrika Selatan, tidak ada bukti bahwa virus itu lebih mematikan
Varian Baru Virus Corona di Inggris Mungkin Kebal Vaksin
Para ilmuwan Inggris berusaha mencari tahu apakah suatu varian baru virus corona, yang telah menyebar cepat di Inggris Desember 2020
0
Politikus PDIP Jagokan Andika Perkasa Jadi Panglima TNI
Politisi PDIP Effendi Simbolon menjagokan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI mengantikan Hadi Tjahjanto.