Iklan di Super Bowl Ajak Penonton Lihat Masa Depan dan Masa Lalu

Para pengiklan Super Bowl tahun 2022 ini ingin warga AS melupakan sejenak masalah terkait pandemi Covid-19 dan fokus pada masa depan
Potongan adegan dari iklan Rakuten yang ditampilkan pada ajang Super Bowl 2022. (Foto: voaindonesia.com - Rakuten via AP/Ryan O\'Donoghue)

Jakarta – Para pengiklan Super Bowl tahun 2022 ini ingin warga Amerika Serikat (AS) melupakan sejenak masalah terkait pandemi Covid-19 dan fokus pada masa depan, seperti kendaraan listrik, Alexa, robot dan mata uang kripto -serta bernostalgia mengenang film-film 90an seperti "Austin Powers" dan "The Cable Guy."

Los Angeles Rams bertanding melawan Cincinnati Bengals dalam Super Bowl ke-56 pada Minggu, 13 Februari 2022, di stadion SoFi di Inglewood, California, AS. Laga dimenangkan oleh Los Angeles Rams.

Tapi bagi banyak orang, pertunjukan utama pada acara Super Bowl adalah iklan-iklan yang hadir di sela acara tersebut.

tapper di superbowlSejumlah rapper seperti Eminem, Kendrick Lamar, Dr Dre, Mary J. Blige, 50 Cent dan Snoop Dogg tampil dalam ajang Super Bowl di Inglewood, California, pada 13 Februari 2022 (Foto: voaindonesia.com - Reuters/Mario Anzuoni)

Para pengiklan berharap bisa memberi para penonton penyegaran dengan humor ringan dan hiburan bertabur bintang di tengah pandemi, inflasi tinggi dan ketegangan antara Rusia dan Ukraina.

"Para pemasar menyadari warga AS telah mengalami periode dua tahun yang sangat berat dan sulit, dan meresponsnya dengan menghadirkan hiburan tradisional yang bagus untuk Super Bowl Minggu," kata Kimberly Whitler, profesor pemasaran dari Universitas Virginia.

Super Bowl LVISuper Bowl LVI (Foto: dw.com/id)

NBC menjual habis jatah iklannya dan mengatakan spot berdurasi 30 detik terjual seharga 7 juta dolar AS atau lebih dari Rp 100 miliar, naik dari 6.5 juta juta dolar atau setara dengan Rp 93 miliar pada tahun 2021 lalu.

Penonton Super Bowl telah berkurang dalam beberapa tahun belakangan. Tahun lalu, Sekitar 92 juta orang menonton. Ini menurut Nielsen, tingkat penonton terendah sejak 2007. Tapi, penonton acara besar lain seperti Grammys dan Oscars juga merosot.

Rating Olimpiade -yang juga sedang ditayangkan di NBC bersamaan dengan Super Bowl- juga berkurang. Maka, Super Bowl masih tetap malam terbesar bagi pengiklan (vm/pp)/Associated Press/voaidonesia.com. []

Super Bowl 2022 Dilangsungkan di Kota Inglewood di California

Selebriti Ternama Ramaikan Iklan Tahunan Super Bowl Amerika

Selebriti Ternama Ramaikan Iklan Tahunan Super Bowl Amerika

Shakira dan J.Lo Goyang Super Bowl 2020 dengan Twerk

Berita terkait
Los Angeles Rams Kalahkan Cincinnati Bengals di Final Super Bowl Amerika
Kemenangan tersebut menjadi gelar kedua bagi LA Rams. Tim itu terakhir kali meraih gelar Liga Futbol Nasional (NFL) tersebut 22 tahun lalu