UNTUK INDONESIA
Hari Inovasi Indonesia 1 November, Penjelasan dan Pencetus
Hari Inovasi Indonesia diperingati setiap tanggal 1 November. Inovasi, adalah kemampuan mengambil sebuah hal lama dikemas dengan bentuk baru.
Ilustrasi Inovasi. (Foto:Tagar/Infodigimarket)

Jakarta – Hari Inovasi Indonesia diperingati setiap tanggal 1 November setiap tahunnya. Pengertian Inovasi, adalah kemampuan mengambil sebuah hal lama, yang sudah ada sebelumnya kemudian dikemas dengan sebuah bentuk baru dan membuatnya kelihatan mengangumkan.

Inovasi, akan membuat anda menjadi trendsetter (orang terdepan atau paling awal menerapkan trend baru yang muncul). Inovasi seperti itulah yang biasanya dilakukan oleh orang yang sukses. Selain itu, Inovasi juga bisa membedakan antara trendsetter dengan follower.

Hari Inovasi Indonesia akan diperingati oleh para individu dan pemilik merek setiap tanggal 1 November, harapannya adalah terciptanya budaya inovatif, produk inovatif dan layanan inovatif.

Hari Inovasi IndonesiaIlustrasi Hari Inovasi Indonesia yang diperingati setiap tanggal 1 November setiap tahunnya. (Foto:Tagar/Andritz)

Inovasi juga sering dijabarkan sebagai sesuatu yang bisa dikerjakan sehingga berguna, menguntungkan dan menghasilkan. Inovasi bisa disebut dengan penciptaan, penemuan, pengembangan yang selama ini sulit untuk ditemukan.

Jadi, bagaimana manusia mengemas sesuatu yang lama agar lebih menarik disebut inovasi. Nah, contoh mudahnya adalah handphone yang anda pakai sekarang ini. Handphone adalah sebuah inovasi atau pengemasan baru dari sebelumnya telepon kabel.

Hari Inovasi Indonesia sendiri, diresmikan pertama kali oleh Handi Irawan, CEO dan Founder Frontier Group, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Riset, Pemasaran, Teknologi dan Digital. Handi juga dikenal sebagai founder TERA Foundation.

“Hari Inovasi Indonesia akan diperingati oleh para individu dan pemilik merek setiap tanggal 1 November, harapannya adalah terciptanya budaya inovatif, produk inovatif dan layanan inovatif”, kata Handi.

Menurut Handi, perusahan yang tidak inovatif, ibarat tinggal menunggu kematian. Pasalnya kemajuan teknologi dan perubahan perilaku pelanggan, sudah pasti menuntun perusahaan untuk melakukan perubahan melalui inovasi. Ini juga yang membuat perusahaan mampu menciptakan produk dan layanan baru guna memenuhi keinginan pelanggan.

Handi Irawan, CEO dan Founder Frontier GroupHandi Irawan, CEO dan Founder Frontier Group yang mencetuskan Hari Inovasi Indonesia.(Foto:Tagar/Wikipedia)

Budaya inovatif perlu ditumbuhkan oleh para leader dan pelaku bisnis. Sebab, mereka perlu mendorong setiap individu untuk memproduksi gagasan dan ide inovatif. Selain itu, seorang leader juga harus memberikan arah bagaimana gagasan dan ide yang inovatif itu bisa diimplementasikan. 

Sementara visi Hari Inovasi Indonesia adalah, sebuah hari yang mengingatkan individu, pelaku bisnis dan perusahaan di Indonesia untuk me‎nciptakan budaya inovatif, demi terciptanya produk dan layanan inovatif untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik lagi.

Sedangkan misi Hari Inovasi Indonesia yakni, mendorong terciptanya mindset untuk melihat inovasi sebagai cara untuk meraih kesuksesan. Lalu mendorong individu dan pelaku bisnis untuk lebih produktif menciptakan gagasan dan ide-ide yang inovatif. 

Juga untuk mengingatkan pimpinan dan para pelaku bisnis untuk memiliki komitmen, mengubah gagasan serta ide inovatif menjadi produk dan layanan inovatif.

Dalam peringatan Hari Inovasi Indonesia, perusahaan dianjurkan untuk memilih dan memberikan reward‎ kepada “most innovative employee”. Mengadakan kompetisi bagi karyawan yang memilki gagasan inovatif atau bisa juga meluncurkan program atau komunikasi inovatif.[]

Berita terkait
Sejarah Hari Keuangan Nasional 30 Oktober
Hari Keuangan Nasional diperingati setiap tanggal 30 Oktober yang menandakan rupiah sebagai alat pembayaran atau alat transaksi yang sah.
Sejarah Hari Stroke Sedunia 29 Oktober
Hari Stroke Sedunia diperingati setiap tanggal 29 Oktober dan petama kali dicanangkan oleh World Stroke Organization pada tahun 2004 di Kanada.
Sejarah Hari Blogger Nasional 27 Oktober
Hari Blogger Nasional diperingati setiap tanggal 27 Oktober setiap tahunnya. Dicanangkan pertama kali oleh Menkominfo Muhammad Nuh tahun 2007.
0
Hari Inovasi Indonesia 1 November, Penjelasan dan Pencetus
Hari Inovasi Indonesia diperingati setiap tanggal 1 November. Inovasi, adalah kemampuan mengambil sebuah hal lama dikemas dengan bentuk baru.