UNTUK INDONESIA
Hari Ini, Gunung Fuji Meletus Pertama Kali
Gunung Fuji juga tercatat beberapa kali mengalami gempa besar saat terjadi erupsi.
Gunung Fuji di Jepang (Foto:Pixabay)

Jakarta - Gunung Fuji menjadi salah satu ikon yang identik saat menyebut negara Jepang. Gunung ini juga selalu menjadi latar belakang foto saat wisatawan mengunjungi negara matahari terbit. Gunung Fuji adalah gunung tertinggi di Jepang.

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa hari ini, Rabu, 31 Juli 2019 bertepatan dengan pertama kali meletusnya Gunung Fuji. Gunung yang terletak di antara provinsi Shizuoka dan Yamanashi ini tercatat mengalami erupsi pertama kali pada 781 SM (Sebelum Masehi).

Gunung yang menjadi simbol kebanggan Jepang ini memiliki tinggi 3.776 meter. Gunung Fuji juga tercatat beberapa kali mengalami gempa besar saat terjadi erupsi.

Tercatat, gempa yang terjadi bersamaan dengan erupsi kekuatannya berkisar antara 8.0 sampai 9.0 skala richter. Gempa ini juga menyebabkan kerusakan parah hingga ribuan mil jauhnya.

Gunung FujiPemandangan Gunung Fuji (Foto:Pixabay)

Fakta-fakta Gunung Fuji

Pertama, UNESCO menjadikan Gunung Fuji sebagai salah satu situs warisan budaya. Hal ini disebabkan oleh adanya 25 situs di sekitar Gunung Fuji berupa kuil dan penginapan.

Kedua, anggapan sakral pada gunung ini membuat kaum wanita tidak boleh mendaki Gunung Fuji. Namun, larangan ini berlaku hanya sampai tahun 1868.

Ketiga, pemandangannya yang indah seakan menutupi fakta bahwa gunung ini masih aktif. Terakhir kali, Gunung Fuji meletus pada 16 Desember 1707.

Gunung FujiPemandangan Gunung Fuji (Foto:Pixabay)

Keempat, gunung dengan salju tebal di puncaknya ini dikelilingi oleh lima danau, yaitu Kawaguchi, Yamanaka, Sai, Motosu, dan Shoji.

Kelima, Gunung Fuji terletak di sebelah barat Tokyo dan dekat pesisir Pasifik di pusat Honshu. Gunung ini juga dikelilingi oleh tiga kota, yaitu Gotemba di timur, Fuji-Yoshida di utara, dan Fujinomiya di barat daya. []

Berita terkait
0
Ikan Bertato Ambon Terbalik, Gemparkan Warga Maluku
Warga dusun setempat yang mengetahui temuan ikan itu, berkerumun dan melihat langsung di tepi pantai dusun.