Jakarta – Tahukah Anda kalau hari ini tanggal 12 Mei 2019 adalah peringatan Hari Ibu Internasional? Ternyata hari yang diperingati oleh sebagian besar masyarakat dunia untuk menghormati kaum ibu ini memiliki serba-serbi yang cukup menarik.

Berikut ini Tagar mengumpulkan dari berbagai sumber tentang serba-serbi ditetapkannya tanggal 12 Mei menjadi hari yang istimewa secara internasional bagi wanita yang melahirkan kita:

1. Aktivis dan penulis Julia Ward Howe pertama kali mencetuskan gagasan Hari Ibu di Amerika Serikat pada tahun 1872. Howe berpendapat kalau hari itu bisa dipakai untuk menyatukan para wanita demi perdamaian. Selama beberapa tahun, dia menyelenggarakan pertemuan tahunan Hari Ibu secara sukses di Boston.

2. Anna Jarvis, seorang aktivis dari Virginia Barat, telah berjasa menjadikan peringatan Hari Ibu bisa dirayakan sampai sekarang. Pada tahun 1908, Jarvis mengampanyekan peringatan hari libur nasional untuk menghormati jerih payah ibunya, yang merupakan seorang aktivis kesehatan bagi masyarakat.

Namun uniknya, di kemudian hari Jarvis menyesali keputusannya tersebut, karena sebuah perusahaan bunga dan kartu ucapan telah mengomersilkan hari ibu nasional.

3. Hari Ibu pernah menjadi hari libur resmi di Amerika Serikat saat dipimpin oleh Presiden Woodrow Wilson pada tahun 1914. Saat itu orang merayakan dengan datang ke gereja dan menulis surat kepada ibu mereka sebagai penghargaan.

4. National Retail Federation memperkirakan belanja pengeluaran selama Hari Ibu mencapai total USD 25 miliar atau sekitar Rp 358 triliun.

Ibu sudah bekerja keras sejak kita dilahirkan, jadi tidak ada salahnya mengistimewakannya untuk satu hari saja. Selamat Hari Ibu Internasional. []

Baca juga: