UNTUK INDONESIA
H-1 Natal, Pelabuhan Merak-Bakauheni Lancar
H-1 jelang perayaan Natal, penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni, Cilegon, Banten terpantau lancar. Di sana tidak terjadi antrean kendaraan.
Sejumlah kendaraan yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera antre saat akan memasuki kapal roro di Dermaga 6 Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu, 21 Desember 2019. (Foto: Antara/Asep Fathulrahman)

Jakarta - Satu hari (H-1) jelang perayaan Natal, penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni, Cilegon, Banten terpantau lancar. Di sana tidak terjadi antrean kendaraan yang panjang maupun desakan penumpang yang berjalan kaki memasuki kapal ferry.

Seperti yang dikatakan oleh Harsono, seorang pengemudi truk 60 tahun. Harsono menuturkan perjalanan yang ia lakukan kali ini lancar.

Pasalnya ia berangkat dari Cibitung, Bekasi pada 05.00 dan tiba di Pelabuhan Merak 07.30. Ia pun bisa diseberangkan ke Pelabuhan Merak tanpa antrean panjang.

"Kami hanya menunggu 15 menit di Dermaga I dan langsung naik ke atas kapal Duta Banten," tutur Harsono di Pelabuhan Merak-Bakauheni, Cilegon, Banten, Selasa, 24 Desember 2019 seperti dilansir dari Antara.

Pelabuhan MerakRatusan truk yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera antre saat akan memasuki kapal roro di Dermaga 4 Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu, 21 Desember 2019. (Foto: Antara/Asep Fathulrahman)

Staf Hubungan Masyarakat (Humas) PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak Fariz Rizki mengatakan pihaknya memang sudah melakukan persiapan untuk melayani angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 agar berjalan lancar.

"Kita berupaya maksimal untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat pengguna jasa penyeberangan dengan mengutamakan keselamatan dan kelancaran," ujar Fariz.

Bukan hanya keselamatan penumpang, pihaknya pun memikirkan kapasitas penumpang yang akan merayakan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Untuk mendukung kelancaran, pihaknya sudah menyediakan 27 kapal ferry untuk dioperasikan.

"Dan bisa mengatasi penumpang pejalan kaki maupun penumpang di atas kendaraan," ucapnya.

Berdasarkan data produksi angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Pelabuhan Merak, sejak Senin, 23 Desember 2019 dari 08.00 hingga 20.00, sudah tercatat 21.699 penumpang. Mereka terdiri dari 4.413 penumpang yang merupakan pejalan kaki dan 17.266 penumpang yang menaiki kendaraan.

Untuk jumlah kendaraan sudah tercatat sebanyak 3.784 unit yang terdiri dari 605 unit sepeda motor, 2.281 unit kendaraan roda empat, 179 unit bus, dan 719 unit truk. []

Berita terkait
Lagu Natal Tersukses, Hasil Kolaborasi Bintang Dunia
Do They Know Its Christmas? yang ditulis musisi asal Irlandia Bob Geldof meraih kesuksesan besar dengan dibantu banyak musisi.
Belajar Cinta pada Riyanto, Banser Korban Bom Natal
Riyanto seorang Banser NU mengajarkan cinta yang sesungguhnya. 19 tahun berlalu sejak gugur memeluk bom saat menjaga gereja, namanya terus abadi.
Jakarta Bebas Ganjil Genap Menjelang Natal
Menjelang Hari Natal 2019, aturan ganjil-genap di Jakarta ditiadakan untuk dua hari, pada Selasa-Rabu, 24-25 Desember 2019.
0
Dituduh Penipu, Ustaz Yusuf Mansur: Didoain Saja
Polrestabes Surabaya memastikan penipuan promosi perumahan syariah di Sidoarjo mencatut nama Ustaz Yusuf Mansur.