UNTUK INDONESIA
Gunung Es Terbesar Dunia Terapung-apung Tanpa Tujuan
Gunung es terbesar di dunia bernama A68 saat ini terapung-apung di laut lepas. Kumpulan es itu sudah mencapai Samudera Atlantik Selatan.
Gunung Es Terbesar Dunia Terapung-apung Tanpa Tujuan. (Foto: businessinsider)

Jakarta - Gunung es terbesar di dunia yang dikenal dengan nama A68 terapung-apung tanpa tujuan pasti di laut lepas. A68 memiliki berat sekitar 1,1 triliun ton dengan ukuran mencapai enam ribu kilometer persegi. 

Hal ini dipengaruhi perbedaan massa jenis antara air tawar dan air laut.

Sejak 12 Juli 2017 gunung es ini mulai bergeser menjauh dari Benua Antartika sejak 12 Juli 2017. A68 menghabiskan tiga tahun terombang-ambing ke arah utara. Kini, kumpulan es itu sudah mencapai Samudera Atlantik Selatan. 

"Gunung es, sebagaimana lempengan es, mulanya mulanya mengambang di air asin lautan yang terbentuk dari air tawar es gletser," ucap Ahli Gunung Es dari Universitas Swansea, Adrian Luckman, Jumat, 7 Februari 2020, seperti dikutip dari Mirror.

Hanyutnya A68, lanjut dia, diperkirakan tidak akan menambah permukaan air laut jika benar mencair. Menurut dia, gunung es yang runtuh dari lempengan besar tidak akan menyebabkan permukaan air laut menjadi naik, karena gunung es sendiri sejak mulanya sudah mengapung di lautan. 

Ia mengatakan, gunung es yang lepas dari lempengan utama sebagian besar punya kontak atau menempel dengan dasar laut perairan dangkal. Mayoritas gunung es berada di dalam air laut dan hanya menampilkan sebagian gundukan saja di permukaan. Lempengan es hanya dapat ditemui di daerah daratan bersuhu super dingin seperti Antartika, Greenland, Kanada dan Arktika. 

"Hal ini dipengaruhi perbedaan massa jenis antara air tawar dan air laut," kata dia. 

Sedangkan, air laut yang membeku memiliki tebal kurang dari tiga meter dan dapat ditemui di seluruh Samudera Arktika, juga di sekitar benua Antartika. 

Runtuhnya lempengan es Lersen C menjadi Gunung Es A68 tidak langsung membuat permukaan air laut naik. Pasalnya, lempengan es memiliki peran sebagai penahan yang mencegah aliran gletser dari daratan langsung masuk ke laut. 

"Jika penahan ini hilang, maka gletser dari daratan akan leluasa masuk ke lautan dan ini dapat menyebabkan kenaikan air laut," ujarnya.[]

Berita terkait
Tujuh Negara Krisis Pria untuk Dinikahi
kehadiran pria tentu tak akan lengkap tanpa kehadiran seorang wanita. Apa jadinya jika dalam satu negara didominasi kaum hawa? Berikut Tagar ulas.
Strasbourg Kota Cantik di Prancis Dekat Jerman
Strasbourg salah satu kota cantik di Prancis yang menarik untuk disambangi. Kota yang dekat dengan Jerman ini memiliki historis yang tinggi.
Rawabi Surga Palestina Pelipur Serangan Israel
Kota Rawabi menjadi harapan baru warga Palestina yang tidak pernah berhenti diserang milisi Israel.
0
Jokowi Lantik Hakim Konstitusi Manahan MP Sitompul
Presiden Joko Widodo hari ini, Kamis, 30 April 2020 resmi melantik Manahan MP Sitompul sebagai Hakim Konstitusi 2020-2025.