UNTUK INDONESIA
Gubernur Papua Sewa Pesawat Berobat ke Jakarta
Akibat terserang sakit, Gubernur Papua sewa pesawat, untuk periksa kesehatannya di Jakarta.
Gubernur Papua Lukas Enembe. (Foto: Tagar/Paul Manahara Tambunan)

Jayapura - Kepala Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jayapura, Harold Pical mengakui jika Gubernur Papua Lukas Enembe dievakuasi ke Jakarta pada Selasa 14 April 2029, dini hari sekira pukul 01.20 WIT.

Dia mengatakan Gubernur Lukas dievakuasi dengan menggunakan pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan PK-LWB type Boeing 738-NG.

"Memang benar ada laporan tentang evakuasi Gubernur Enembe yang didampingi keluarga dan dokter pribadi dengan menggunakan pesawat Batik Air. Jumlah penumpang seluruhnya 10 orang ditambah crew," terang Harold seperti dilansir dari Antara, Selasa pagi.

Beliu ke Jakarta hanya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin tahunan yang sempat tertunda.

Harold menjelaskan kondisi Lukas dilaporkan stabil. Setibanya di Jakarta, Gunernur Papua itu akan langsung dibawa ke RSPAD Gatot Subroto.

Disinggung terkait penyakit yang diderita orang nomor satu di Papua itu, Harold mengaku tidak mengetahui dengan pasti. Namun sebelum pesawat tersebut berangkat baik penumpang maupun awak pesawat sudah diperiksa petugas KKP.

Sementara itu, Pjs GM Bandara Sentani Anthonius Praptono secara terpisah mengaku pesawat Batik Air tiba di Sentani sekitar pukul 00.01 WIT dan berangkat pukul 01.20 WIT. Praptono mengatakan status pesawat tersebut merupakan sewaan, meski ia mengaku tak tahu siapa yang menyewanya.

"Memang ada pesawat charter masuk Selasa dini hari untuk mengevakuasi orang sakit tujuan Jakarta, namun tidak diketahui pasti siapa yang dievakuasi, " jelas Anthonius melalui pesan singkat.

Informasi yang diperoleh Tagar dari Humas Angkasapura Jayapura, juga membenarkan adanya penerbangan Batik Air dengan tujuan Jakarta, Selasa, dini hari.

"Dari rekan-rekan kami di lapangan menyampaikan informasi memang ada charter flight Batik ID 8180 PK-LBW Type B738-NG. Adapun tujuan dan lainnya harap rekan-rekan dapat mencari informasi langsung ke Pemprov," kata Fadli, Humas Angkasapura Jayapura l lewat pesan singkatnya, Selasa siang.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Papua belum megeluarkan keterangan resminya. Penjabat Sekda Papua, Ridwan Rumasukun yang dikonfirmasi lewat gawainya mengatakan, pihaknya menyerahkan ke Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Papua untuk menjawab pertanyaan publik terkait keberangkatan Gubernur ke Jakarta.

"Nanti lewat Juru Bicara Satgas Penaganan Covid-19 Papua aja ya menjelaskan. Supaya rekan-rekan wartawan jangan memberitakan sembarang," singkatnya saat dihubungi dari Jayapura.

Dokter pribadi Gubernur Papua, dr. Anthon Mote menyatakan jika tujuan kepergian Lukas Enembe ke Jakarta untuk melakukan check up kesehatan rutin.

"Beliu ke Jakarta hanya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin tahunan yang sempat tertunda," kata Mote yang berada di Jayapura dan tidak ikut mendampingi gubernur beserta keluarga.

Menurutnya, kondisi Gubernur Lukas saat ini dalam keadaan sehat bahkan beberapa waktu lalu sempat memimpin rapat dengan pejabat  di Pemprov Papua.

"Jika ada berita didampingi dokter pribadi itu tidak benar, saat ini saya ada di Jayapura," tegas dr. Mote yang juga menjabat Dirut RSJ Abepura. []

Berita terkait
Bentrok TNI-Polisi di Papua, 3 Orang Tewas Tertembak
Tiga anggota polisi meninggal dunia akibat diterjang peluru dalam betrokan dengan aparat TNI di Kasonaweja Papua. Ini kronologinya
Total 61 Pasien Positif Covid-19 di Papua
Total 61 pasien dinyatakan positif corona secara akumulatif hingga Sabtu, 11 April 2020 di Papua
Satu KKB Penyerang Freeport di Papua Ditembak Mati
Aparat melakukan penegakan hukum terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang menyerang PT Freeport Indonesia di Papua.
0
Apple Kasih Diskon iPhone Demi Dorong Penjualan
Apple memberikan diskon untuk iPhone 11 di China. Langkah ini diambil untuk mendorong penjualan ponsel demi meraih penjualan pasca virus corona.