Gubernur Jabar Sampaikan Perubahan RJPMD 2018-2023

Ridwan Kamil mengatakan refokusing anggaran tahun 2020 dan 2021 masih akan dilakukan karena suasana masih dalam masa pandemi covid
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Foto:Tagar/Ridwan Kamil Facebook)

Bandung - Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jawa Barat (Jabar) 2018-2023 dilaksanakan secara virtual dari ruangan Comand Centre, Senin, 30 November 2020.

Kita melakukan efisiensi dimana-mana termasuk pada sejumlah program prioritas.

Kegiatan tersebut dihadiri Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Wakil Menteri BUMD/Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Budi Gunadi Sadikin dan Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negri (Kemendagri) Hari Nur Cahya Murni.

Ridwan Kamil mengatakan refokusing anggaran tahun 2020 dan 2021 masih akan dilakukan karena suasana masih dalam masa pandemi covid dan banyak sektor serta masyarakat terdampak Covid-19. Ia mengatakan akibat Covid-19, terjadi penurunan pendapatan atau potensi kehilangan pendapatan hingga Rp 6 triliun.

"Refokusing anggaran karena dampak Covid-19, masih dilakukan tahun 2021. Kita melakukan efisiensi dimana-mana termasuk pada sejumlah program prioritas. Mengikuti RPJM pusat seperti arahan presiden yang juga melakukan penyesuaian RJPM 2020-2024," tegasnya.

Menurut Ridwan Kamil, adanya Covid -19 mengajarkan banyak hal termasuk mengajarkan perlunya swasembada pangan. Di Jabar nantinya lahan-lahan tidur akan dimaksimalkan untuk memproduksi pangan.

"Indeks kompetensi human capital atau SDM kita terbaik, disisi lain banyak tanah menganggur akan dimaksimalkan untuk memproduksi pangan. Masa depan pemuda itu didesa, rejeki kota bisnis internasional," jelasnya.

Menurutnya pemerintah harus semakin fokus pada sisi kesehatan, dimana sebanyak 25 Rumah Sakit rencananya akan dibangun. Pembangunan tersebut merupakan hasil kerjasama Jasa Sarana dengan Australia senilai Rp14 triliun. 

"Semua tanpa APBD," ujarnya.

Dari sektor pariwisata, Jabar juga akan meningkatkan potensi wisata lokal serta mendorong pemekaran wilayah. Ridwan Kamil berharap sebelum pemekaran terealisasi, pusat akan meningkatkan Dana Alokasi Umum (DAU) dan dana bantuan desa untuk Jabar.

"Saya kembali titip integritas dan pelayanan publik dan profesional sebagai pejabat. Kabar terbaru terkait penegakan hukum KPK, saya kembali prihatin. Semoga tidak ada lagi, tahun 2021 sebagai tahun optimisme, semoga vaksin sudah ada," tutupnya. []

Baca juga:

Berita terkait
Alasan Ridwan Kamil Usulkan Libur Akhir Tahun Dipersingkat
Ridwan Kamil memilih opsi pengurangan libur panjang akhir tahun ketimbang dua opsi lain.
Ridwan Kamil Ajak Desra Percaya Promosikan Rebana
Rebana Metropolitan ini merupakan wilayah utara/timur laut Provinsi Jabar yang meliputi tujuh daerah.
Pesan Ridwan Kamil kepada Paguyuban Pasundan Papua
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berpesan agar perkuat persaudaraan Jabar-Papua dan jaga nama baik paguyuban.
0
Aung San Suu Kyi Dipindahkan ke Penjara di Naypyitaw
Kasus pengadilan Suu Kyi yang sedang berlangsung akan dilakukan di sebuah fasilitas baru yang dibangun di kompleks penjara