UNTUK INDONESIA
Google Melakukan Uji Coba Fitur Baru YouTube
Aplikasi YouTube di Android menghadirkan fitur baru yang akan bermanfaat bagi para pembuat konten.
Logo Google. (Foto: Antara/Arindra Meodia)

Jakarta - Aplikasi YouTube di Android menghadirkan fitur baru yang akan bermanfaat bagi para pembuat konten. Google pun melakukan uji coba terhadap fitur baru YouTube tersebut.

Google mengungkapkan akan menambahkan bagian “kolaborasi dalam video ini” di dalam video yang melibatkan kolaborasi antar kreator, yang akan memudahkan kreator daripada harus menuliskan informasi tersebut dalam kotak deskripsi. 

Fitur baru tersebut akan bekerja secara otomatis tanpa keterlibatan kreator video dengan menggunakan "sejumlah sinyal" untuk menambahkan kreator, dengan tautan dan opsi untuk berlangganan di saluran mereka, ke dalam video. 

“Untuk mempermudah menemukan kreator baru dan berlangganan saluran mereka, kami menguji bagian "kolaborasi dalam video ini" tepat di bawah video yang Anda tonton, yang akan menyoroti kreator yang ada dalam video dan menyertakan tautan ke saluran kreator yang ditampilkan dengan opsi untuk berlangganan,” tulis Google, dikutip dari laman 9to5Google, seperti yang dilansir Antara, Selasa, 24 Desember 2019.

YouTube mengatakan hanya sebagian kecil dari pengguna YouTube yang akan melihat fitur baru “kolaborasi dalam video ini” sambil melihat respons pengguna. Fitur ini diharap dapat merapikan bagian deskripsi video yang biasanya menampilkan deretan daftar kreator. 

“Kami memulai percobaan ini dengan sejumlah kreator yang banyak dicari di berbagai kategori di YouTube, dan hanya sebagian kecil pemirsa yang menggunakan aplikasi Android YouTube yang akan melihat fitur tersebut sementara kami mengumpulkan umpan balik,” tulis Google. []

Berita terkait
Begini Tren Konsumen Indonesia 2019 Kata Mbah Google
Google Indonesia merilis tren pola konsumsi masyarakat dari berbagai industri selama 2019.
Kaleidoskop - Video Paling Populer 2019 di YouTube
YouTube melalui #YouTubeRewind mengumumkan daftar video terpopuler yang menarik perhatian masyarakat Indonesia selama 2019.
Google Rilis Android 11 pada September 2020
Google diprediksi akan merilis sejumlah OS Android 11 versi beta hingga final resmi antara Agustus atau September 2020.
0
Buntut Kerusuhan di Mal Aeon Jakarta Garden City
Kerusuhan yang terjadi di Mal AEON Jakarta Garden City, Jakarta Timur, pada Selasa pagi, 25 Februari 2020, berbuntut panjang.