Google Meet Kini Bisa Kustom Latar Belakang, Begini Caranya

Fitur kustom latar belakang ini baru diluncurkan untuk pengguna desktop secara bertahap.
Fitur Latar Belakang di Google Meet. (Foto: Tagar/9to5Google)

Jakarta - Google Meet kini hadir dengan fitur baru, dimana pengguna dapat mengkustomisasi atau mengubah latar belakang mereka saat melakukan panggilan video. Google sendiri telah menyediakan beberapa gambar default yang dapat digunakan oleh pengguna.

Selain menggunakan gambar yang telah disediakan, pengguna juga dapat mengunggah sendiri gambar yang ingin digunakan sebagai latar belakang panggilan video. Sebenarnya fitur ini bukan sesuatu yang baru, pasalnya kompetitornya, seperti Zoom dan Skype sudah terlebih dahulu memperkenalkannya pada awal tahun 2020.

Melansir laman Gadget 360, Selasa, 3 November 2020, untuk saat ini, fitur kustom latar belakang ini baru diluncurkan untuk pengguna desktop secara bertahap. Sementara untuk perangkat seluler kemungkinan akan hadir dalam waktu dekat ini.

Google mengatakan bahwa fitur latar belakang ini akan berfungsi di ChromeOS dan di browser Chrome pada perangkat desktop Windows dan juga Mac. Pengguna juga tidak memerlukan ekstensi atau perangkat lunak tambahan apa pun untuk menjalankan fitur ini.

Fitur latar belakang ini diluncurkan untuk pengguna Google Meet Essentials, Business Standard, Business Starter, Business Plus, Enterprise Essentials, Enterprise for Education, Enterprise Standard, Enterprise Plus, serta pelanggan nirlaba dan pengguna dengan akun Google pribadi.

Untuk bisa mengubah latar belakang di Google Meet, pengguna cukup membuka Google Meet, lalu memilih rapat, lalu mengubah latar belakang. Sementara untuk mengubah latar belakang saat panggilan video, pengguna cukup memilih opsi lainnya (titik tiga) disudut kanan bawah, kemudian klik Ubah Latar Belakang.

Untuk memilih latar belakang pra-upload, kemudian pilih salah satu dari opsi yang terdaftar. Sementara jika ingin mengunggah sendiri gambar latar belakangnya, pengguna cukup meng-klik Add.[]

Berita terkait
Google Meet Bakal Punya Fitur Polling dan Tanya Jawab
Namun tidak semua pengguna dapat menikmati fitur baru tersebut.
Google Meet Kini Punya Fitur Noise Cancellation di Ponsel
Google mengatakan fitur ini kemungkinan akan tersedia sekitar lima bulan lagi sejak diluncurkan.
Google Gabungkan Meet dan Duo untuk Saingi Zoom
Untuk melakukan panggilan video, sejauh ini Google telah memiliki Duo dan Meet yang punya target pengguna yang berbeda.
0
Penjelasan Kementerian ATR/BPN Soal Reforma Agraria
Reforma Agraria adalah program Pemerintah untuk mengurangi ketimpangan dalam kepemilikan, penguasaan, penggunaan dan pemanfaatan tanah.