UNTUK INDONESIA
Gmail Hadirkan Fitur Baru untuk Mencari Email Lama
Gmail kini hadir dengan fitur baru yang memudahkan pengguna dalam menemukan email lama dengan menggunakan chip pencarian.
Gmail kini hadir dengan fitur baru yang memudahkan pengguna dalam menemukan email lama dengan menggunakan chip pencarian. (Foto: Mashable)

Jakarta - Gmail kini hadir dengan fitur baru yang memudahkan pengguna dalam menemukan email lama dengan menggunakan chip pencarian. Google menyebutnya dengan nama search chips, sebuah fitur yang akan menambahkan filter yang relevan ke bagian atas pencarian Gmail.

Dilansir dari Mashable, Senin, 2 Maret 2020, fitur baru Gmail ini akan menerapkan beberapa kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI ) untuk memudahkan pengguna dalam memilih filter untuk mencari email lama.

Dengan chip pencarian tersebut, nantinya pengguna dapat mencari email sesuai dengan pengelompokkan berdasarkan tanggal pengiriman, obrolan dan email yang memiliki lampiran saja.

"Chip pencarian ini akan mempersempit hasil pencarian Anda di Gmail, sehingga dengan cepat anda akan menemukan apa yang kalian cari tanpa perlu memilah email yang tidak relevan di pencarian tersebut," kata Google.

Cara menggunakannya adalah cukup mengetik kata kunci ke dalam kolom pencarian Gmail. Di atas daftar hasil pencarian, pengguna akan mendapatkan sejumlah filter tambahan untuk memudahkan pencarian email.

Saat ini pengelompokkan pesan di Gmail hanya terbagi atas beberapa kategori saja, seperti primary dan promotion. Jika nantinya fitur baru ini diresmikan, maka hal tersebut akan menambah kategori Gmail yang notebenenya akan memudahkan pengguna.

Namun Google sendiri belum memberikan keterangan terkait peluncuran fitur Search Chips ini. Namun kehadirannya sudah diumumkan secara resmi oleh Google, yang berarti akan diluncurkan dalam waktu dekat.[]

Berita terkait
Fitur-fitur Baru Gmail Email dalam Mengirim Surel
Gmail mengalami penambahan sejumlah fitur baru dari Google. Mulai dari penjadwalan pengiriman pesan membisukan pesan yang tidak dinginkan.
Komitmen Google Atur Kecerdasan Buatan
CEO Google dan Alphabet Inc, Sundar Pichai menyepakati gagasan bahwa kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) harus diatur.
Kini Inbox by Gmail Tersedia untuk iPhone X
Tampilan antarmuka Inbox by Gmail untuk iPhone X dilaporkan kacau total sehingga Google harus merombaknya agar sesuai dengan ponsel tersebut.
0
Pedagang Rokok di Kabupaten Agam Positif Covid-19
Pedagang Rokok berinisial J tersebut sebelumnya pernah kontak dengan pasien positif Covid-19 di Kota Payakumbuh Sumatera Barat.