UNTUK INDONESIA
Gli, Kucing Selebriti di Hagia Sophia Turki
Gli merupakan seekor kucing peranakan Eropa berbulu pendek. Namanya menjadi terkenal lantaran menjadi penghuni tetap di Hagia Sophia.
Kucing peranakan Eropa berbulu pendek yang diberi nama Gli menjadi sorotan publik. (Foto: Instagram/hagiasophiacat)

Jakarta - Bangunan bersejarah Hagia Sophia tengah menjadi sorotan menyusul kebijakan Pemerintah Turki yang mengubah fungsi gedung peninggalan era abad ke-6 itu yang sebelumnya merupakan museum, menjadi masjid. Namun tidak banyak yang tahu jika di dalam bangunan tersebut tinggal seekor kucing selebriti bernama Gli.

Gli merupakan seekor kucing peranakan Eropa berbulu pendek. Namanya menjadi terkenal lantaran menjadi penghuni tetap di Hagia Sophia, dan dikabarkan telah tinggal di sana selama 17 tahun terakhir.

Kucing bernama Gli itu menjadi pusat perhatian publik ketika beredar foto-foto lucunya di media sosial Instagram hingga memiliki akun sendiri yang diberi nama @hagiasophiacat.

Dalam akun tersebut berisi foto-foto Gli dengan berbagai gaya bak model. Bahkan, lewat unggahan-unggahan terlihat hewan berbulu lebat itu telah memiliki banyak penggemar yang mengajaknya berfoto selfie.

Kucing GliKucing Gli penghuni tetap bangunan bersejarah di Turki, Hagia Sophia.(Foto: Instagram/hagiasophiacat)

Seorang pemandu wisata bernama Umut, membeberkan sikap Gli yang sangat suka berpose. Menurutnya, untuk bertemu dengan si kucing manja itu sangat lah mudah. Jika sedang ingin difoto dan bermain, kucing bermata hijau itu akan berdiri di dekat pondok Muezzin.

"Kucing ini benar-benar suka berpose," kata Umut pada unggahan 2 Juni 2020.

Namun begitu, Umut juga menuturkan jika Gli tengah merasa lelah dan sudah malas bermain, kucing itu akan duduk di tengah lantai marmer opmphalos, tempat para ksatria Byzantine dinobatkan yang tidak bisa dilalui para turis.

Selain itu, tempat Gli bermain dan tinggal pun akan berubah menyesesuaikan dengan musim dan cuaca di Turki. Pada musim dingin, kucing itu akan berdiri di dekat cahaya proyektor, altar, dan mimbar dengan suhu yang hangat.

Kucing Gli diketahui lahir pada 2004, dengan dua saudara kucing lain bernama Pati dan Kizim. Namun Pati sudah meninggal dunia lebih dulu, sedangkan Kizim masih dapat ditemui di daerah ruang terbuka Hagia Sophia.

Nasib kucing yang satu ini sangat berbeda dengan kucing lain. Dikabarkan bahwa Gli pernah ditemui langsung oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan  dan Presiden ke-44 Amerika Serikat Barrack Obama saat melakukan kunjungan ke Hagia Sophia. []


Berita terkait
Aksi Heroik Penyelamatan Nyawa Kucing di Bantul
Penyelamatan dua nyawa kucing di Bantul mendapat apresiasi warga, khususnya pecinta hewan berkaki empat ini.
Dituding ISIS, UAS Ditolak Berdakwah di Luar Negeri
Ustaz Abdul Somad alias UAS pernah mengalami sejumlah penolakan berdakwah di luar negeri lantaran dituding memiliki hubungan dengan jaringan ISIS.
Nia Ramadhani Bawa Bodyguard untuk Usir Kucing
Nia Ramadhani harus dikawal bodyguard untuk mengusir kucing saat makan sate di pinggir jalan hingga dicibir warganet.
0
Gli, Kucing Selebriti di Hagia Sophia Turki
Gli merupakan seekor kucing peranakan Eropa berbulu pendek. Namanya menjadi terkenal lantaran menjadi penghuni tetap di Hagia Sophia.