Garuda Luncurkan Penerbangan Kargo Makassar-Singapura

Garuda Indonesia, resmi meluncurkan rute penerbangan khusus kargo terbaru Makassar-Singapura sebagai upaya meningkatkan potensi ekspor hasil bumi.
Pesawat cargo Garuda Indonesia. (Sumber: Tagar/Garuda Indonesia)

Jakarta - Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia, resmi meluncurkan rute penerbangan khusus kargo terbaru Makassar-Singapura pada Senin, 5 Oktober 2020. Rute baru ini, sebagai dukungan Garuda terhadap pengembangan aksesibilitas jaringan penerbangan kargo bagi komoditas ekspor di kawasan timur Indonesia.

Tentunya dengan optimalisasi jaringan penerbangan ini, kegiatan direct export dari kawasan Timur Indonesia dapat semakin kompetitif dan menjanjikan di masa yang akan datang.

Rute baru Makassar-Singapura, beroperasi sebanyak satu kali dalam seminggu dengan armada Airbus A330-300 yang daya angkut mencapai 40 ton di setiap penerbangan. Penerbangan Rute Makassar-Singapura ini, berangkat dari Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar pukul 16.00 WITA dan tiba di Singapura pukul 18.40 Waktu Singapura.

"Melalui pengembangan jaringan penerbangan kargo dari hub penerbangan di Indonesia Timur, kami harapkan semakin memperkuat daya saing potensi komoditas ekspor nasional di kawasan tersebut khususnya melalui aksesibilitas jalur penerbangan kargo langsung menuju Singapura sebagai salah satu negara pengimpor komoditas nasional terbesar di kawasan Asia Tenggara" kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra.

Irfan juga menjelaskan, Makassar sebagai hub penerbangan di kawasan timur Indonesia memiliki letak yang strategis sebagai titik kumpul jaringan pengiriman komoditas kargo di kawasan tersebut. Makassar, terhubung dengan penerbangan langsung ke sejumlah wilayah penghasil komoditas unggulan ekspor nasional seperti Ambon, Kendari, Sorong hingga Manado.

"Tentunya dengan optimalisasi jaringan penerbangan ini, kegiatan direct export dari kawasan Timur Indonesia dapat semakin kompetitif dan menjanjikan di masa yang akan datang", papar Irfan

Sementara Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengatakan, "Dengan penerbangan langsung Makassar-Singapura maka diharapkan akan dapat meningkatkan daya saing produk-produk segar serta komoditas unggulan lainnya dari Sulawesi Selatan. Kiranya, seluruh eksportir Sulawesi Selatan dapat memanfaatkan layanan ini sehingga kualitas ekspor di wilayah itu semakin meningkat kedepannya".

Gubernur Nurdin, juga menyatakan apresiasi dan terima kasih kepada Garuda Indonesia atas nama masyarakat Sulawesi Selatan lantaran telah membuka jalur penerbangan kargo Makassar–Singapura. Mengingat, hal tersebut merupakan langkah maju dalam upaya peningkatan potensi ekspor hasil bumi diwilayahnya. Apalagi, selama ini Sulawesi Selatan dikenal sebagai salah eksportir komoditas laut, khususnya perikanan".

Sebelumnya, Garuda Indonesia telah melayani penerbangan khusus kargo Manado-Narita (Jepang). Kedepannya, Garuda Indonesia akan terus mengembangkan jaringan penerbangan khusus kargo ke berbagai negara pengimpor komoditas maritim Indonesia seperti Tiongkok, Hong Kong dan berbagai destinasi rute domestik maupun internasional lainnya.[]

Berita terkait
Garuda Indonesia Bikin Lomba Desain Livery Masker Pesawat
Garuda Indonesia, membuat lomba desain masker untuk pesawat melalui program Fly Your Design Through The Sky.
Garuda Indonesia Luncurkan Pesawat Bermasker Pertama di RI
Garuda Indonesia, luncurkan pesawat bermasker pertama di RI sebagai dukungan terhadap program pemerintah "Ayo Pakai Masker".
Hari Batik Nasional, YTBN Bentangkan Batik Garuda Nusantara
Perayaan Hari Batik Nasional, Yayasan Tjanting Batik Nusantara resmi membentangkan Batik Garuda Nusantara di Museum Nasional.
0
Vaksinasi Covid-19 Untuk Warga Dunia di Daerah Terpencil
Tim medis menempuh perjalanan panjang dan sulit untuk memvaksinasi orang-orang di daerah terpencil seluruh dunia