Ganjar Pranowo: Saya Sangat Menghormati Mbak Puan Maharani

Ganjar Pranowo mengatakan sangat menghormati Puan Maharani. Ia juga bilang dirinya adalah kader PDIP yang diajari mendhem jero, mikul duwur.
Ganjar Pranowo dan Puan Maharani. (Foto: Tagar/Antara/Fauzan)

Jakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang juga adalah kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengatakan sangat menghormati Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan Puan Maharani. Ganjar menyebut Puan adalah komandan tempur yang sesungguhnya. 

Ganjar mengatakan hal tersebut kepada wartawan usai mengikuti rapat paripurna di gedung DPRD Provinsi Jawa Tengah di Semarang, Jumat, 28 Mei 2021. 


Sampai hari ini saya tidak pernah berkonflik dengan beliau, bahkan saat saya sowan kepada Ibu Mega untuk halal bihalal, Mbak Puan juga ada di sana dan kami sempat bercanda.


Ganjar dan Puan seperti ada konflik setelah Puan Maharani menyebut pemimpin itu di lapangan, bukan di media sosial. Puan mengatakan itu ketika memberikan arahan kepada kader PDI Perjuangan di kantor Dewan Pimpinan Daerah PDIP Jawa Tengah, Sabtu malam, 22 Mei 2021. 

Seluruh kepala daerah kader PDIP hadir dalam acara itu, kecuali Ganjar Pranowo. Ganjar tidak diundang dalam acara itu dan ucapan Puan tersebut kemudian disebut-sebut sebagai sindiran kepada Ganjar. Ganjar dinilai melangkahi partai menjelang pemilihan presiden 2024 dengan aktif melakukan pencitraan di media sosial.

Diberitakan seolah ada konflik dengan Puan Maharani, Ganjar merasa tidak enak. "Saya mengikuti di medsos, sungguh-sungguh saya tidak enak. Saya sangat hormat kepada Mbak Puan, sangat-sangat hormat."

Ganjar mengatakan Puan Maharani adalah sosok yang sangat berjasa baginya. Ia masih ingat ketika maju sebagai calon gubernur Jawa Tengah pada 2013, elektabilitasnya sangat rendah, Puan berjuang untuknya.


Saya ini orang Jawa dan kader yang selalu diajari mendhem jero, mikul duwur.




"Mbak Puanlah sebenarnya komandan tempur, saya juga tidak punya modal saat itu, maka partai yang bergerak sehingga saya menang. Saya tidak pernah lupa itu," kata Ganjar.

Apa yang saat ini ramai di media sosial terkait isu perseteruannya dengan Puan, kata Ganjar, tidak seperti itu yang sesungguhnya. "Sampai hari ini saya tidak pernah berkonflik dengan beliau, bahkan saat saya sowan kepada Ibu Mega untuk halal bihalal, Mbak Puan juga ada di sana dan kami sempat bercanda."

Ganjar menambahkan, "Saya ini orang Jawa dan kader yang selalu diajari mendhem jero, mikul duwur, itu saja."


Aktif di Medsos Sejak Jadi Anggota DPR

Ganjar Pranowo pada Senin, 24 Mei 2021, mengatakan aktif menggunakan media sosial sejak menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat RI. Ganjar anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan sejak 2004 hingga 2013.
 
"Saya bermedsos sejak di DPR," katanya.

Dan Ganjar semakin aktif menggunakan media sosial ketika menjabat Gubernur Jawa Tengah pada 2014.
 
Akun Twitter @ganjarpranowo saat ini memiliki 1,9 juta pengikut dan Instagramnya memiliki 3,4 juta pengikut. Ganjar juga sering siaran langsung di media sosial bersama figur-figur terkenal. Ia juga menggelar program di media sosial seperti Panggung Kahanan dan Lapak Ganjar.

Pegiat media sosial Denny Siregar tidak habis pikir dengan PDI Perjuangan, memusuhi Ganjar Pranowo hanya karena perkara media sosial.

"Saya enggak paham apa maksud PDIP ini. Pak Ganjar Pranowo dimusuhi hanya karena beliau sering pakai medsos untuk komunikasi dengan warganya. Halooo PDIP, ini zaman teknologi, masak harus surat-suratan?" kata Denny, Minggu, 23 Mei 2021. []


Baca juga: Denny Siregar: PDIP Usung Puan Maharani 2024, Saya Golput





Berita terkait
Denny Siregar: Hanya Ganjar Pranowo Harapan Kita
Ganjar Pranowo, Prabowo, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Sandi Uno, hanya Ganjar yang punya komitmen kuat melawan kelompok radikalis. Denny Siregar.
9 Survei Menunjukkan Ganjar Pranowo Unggul dari Puan Maharani
Berdasarkan sejumlah survei popularitas dan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo lebih unggul dibandingkan Ketua DPR Puan Maharani.
Denny Siregar: Ganjar Pranowo Mengulang Kisah Jokowi
SBY dipecat Mega, SBY jadi presiden. Jokowi dihambat Taufik Kiemas, Jokowi jadi presiden. Ganjar dimusuhi Puan, malah jadi presiden? Denny Siregar.
0
Mendagri Lantik Bupati dan Wakil Bupati Supiori, Serta Penjabat Bupati Boven Digoel
Mendagri melantik Yan Imbab & Nichodemus Ronsumbre sebagai Bupati dan Wakil Bupati Supiori juga Yimin Weya sebagai Penjabat Bupati Boven Digoel.