Jakarta, (Tagar 14/9/2018) - Bangunan yang sedang dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini, ditargetkan rampung pada Oktober 2018 mendatang. Bangunan yang diberi nama Monumen Kapsul Waktu ini berisi mimpi dan harapan anak-anak Indonesia bagaimana negara Indonesia dalam 70 tahun mendatang.

Ide pembangunan ini berasal dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada HUT-70 Kemerdekaan Indonesia pada tahun 2015.

Jika desain monumen ini dilihat sekilas, jika difoto dari atas, sangat mirip logo Avengers yang berbentuk inisial A di dalam lingkaran dan memiliki garis yang tegas.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dalam ajang World Ekonomi Forum on ASEAN di Hanoi, Vietnam mengatakan, ada sosok 'Thanos' yang mengancam akan memusnahkan setengah populasi bumi. Jokowi pun berencna bahwa dia dan sesama rekan 'Avengers' lainnya, siap untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Kapsul WaktuMonumen ini berisi 'kapsul waktu' yang merupakan mimpi dan harapan anak-anak Indonesia pada 70 tahun mendatang yang dibawa secara estafet mulai dari Aceh ke seluruh provinsi dan berakhir di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua pada bulan Desember 2015. (Foto: Kementerian PUPR)Kapsul WaktuPembangunan monumen dilakukan tahap I pada tahun 2016 berupa pekerjaan pondasi dengan anggaran Rp 7 miliar. Pekerjaan dilanjutkan tahap II sejak Juli 2017 dan direncanakan selesai Desember 2018. (Foto: Kementerian PUPR)Kapsul WaktuPembangunan monumen juga mengadopsi unsur budaya Papua, dimana Kapsul Waktu akan ditempatkan diatas bangunan yang terinspirasi dari menara perang Suku Dani. (Foto: Kementerian PUPR)Kapsul WaktuDesain arsitektur monumen dibuat oleh arsitek kenamaan Indonesia Yori Antar yang juga terlibat dalam desain arsitektur infrastruktur PUPR lainnya. (Foto: Kementerian PUPR)Kapsul WaktuKementerian PUPR menyelesaikan pembangunan Monumen Kapsul Waktu di Kabupaten Merauke, Papua. (Foto: Kementerian PUPR)Kapsul WaktuMonumen tersebut memiliki lebar 17 meter dengan tinggi 8 meter dan panjang 45 meter. (Foto: Kementerian PUPR)Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pembangunan Monumen Kapsul Waktu di Kabupaten Merauke, Papua. Saat ini, progres fisik telah mencapai 74 persen dan ditargetkan bisa rampung pada Oktober 2018 mendatang. []