Jakarta, (Tagar 5/8/2018) - Facebook dan Instragram awal Agustus mengumumkan fitur barunya, sebuah tools (alat) yang akan membantu Anda memantau aktivitas di dua media sosial itu dan membatasinya jika diinginkan.

Fitur itu meliputi fungsi-fungsi antara lain dashboard aktivitas, pengingat harian, dan cara baru untuk membatasi notifikasi.

“Kami mengembangkan tools ini berdasarkan kolaborasi inspirasi dari para ahli dan organisasi kesehatan mental terkemuka, akademisi, penelitian ekstensi kami dan respons dari komunikasi kami,” kata Ameet Ranadive, Direktur Manajemen Produk di Instagram.

Bersama Direktur Riset di Facebook David Ginsberg, Ranadive dalam pernyataannya di laman resmi Facebook mengungkapkan, fitur ini ditambahkan karena Facebook dan Instagram ingin waktu yang dihabiskan orang di dua media sosial itu menjadi disengaja, positif, dan menginspirasi.

“Harapan kami adalah bahwa alat ini memberi orang kontrol lebih besar atas waktu yang mereka habiskan di platform kami dan juga mendorong percakapan antara orangtua dan remaja tentang kebiasaan online yang tepat untuk mereka,” kata Ginsberg dan Ranadive dalam pernyataan bersama.

Untuk mengakses fitur ini, Anda bisa membuka halaman pengaturan di dua aplikasi itu. Di Instagram ketuk ‘Aktivitas Anda’ (Your Activity) dan di Facebook tekan tap ‘Your Time on Facebook’.

Di bagian atas seperti dirilis Antara, Anda akan melihat dashboard yang menunjukkan waktu rata-rata untuk aplikasi tersebut di perangkat itu. Ketuk bar mana pun untuk melihat total waktu Anda untuk hari itu.

Di bawah dashboard, Anda dapat mengatur pengingat harian untuk memberi Anda peringatan ketika Anda telah mencapai jumlah waktu yang ingin Anda habiskan untuk aplikasi itu untuk hari dimaksud.

Anda dapat mengubah atau membatalkan pengingat kapan saja. Anda juga dapat mengetuk "Pengaturan Notifikasi" (Notification Settings) untuk mengakses pengaturan ‘Mute Push Notifications’ dengan cepat.

Ini akan membatasi pemberitahuan (notifikasi) Facebook atau Instagram Anda untuk jangka waktu tertentu ketika Anda perlu fokus.

“Kami memiliki tanggung jawab untuk membantu orang-orang memahami berapa banyak waktu yang mereka habiskan di platform kami sehingga mereka dapat mengelola pengalaman mereka dengan lebih baik,” ujarnya.

“Pada bulan Desember 2017, kami berbagi wawasan tentang apa yang tim di Facebook lakukan untuk menciptakan pengalaman yang membantu orang terhubung dan membangun hubungan,” tulis Ginsberg dan Ranadive. [o]