TAGAR.id, Jakarta - GroupM, bagian dari investasi media WPP, hari ini mengumumkan peluncuran Finecast di Indonesia. Finecast, solusi dari GroupM Nexus untuk beriklan di TV yang dapat ditujukan langsung, adalah pelopor di pasar yang memungkinkan pengiklan menargetkan kalangan rumah tangga.
Dengan memanfaatkan iklan TV yang relevan di berbagai saluran TV, platform TV berbayar, dekoder, berbagai layanan video on demand (VOD), penyedia over-the-top (OTT), dan konsol game.
Semua media tersebut dapat digabungkan berdasarkan skala, dapat dilihat secara utuh, dan dalam format berkualitas tinggi dan aman bagi brand.
Himanshu Shekhar, CEO GroupM Asia Tenggara mengatakan sebagai perusahaan periklanan media terbesar di dunia, GroupM memanfaatkan jaringan luas kami untuk menjalin kemitraan penting dengan pemangku kepentingan utama di TV internasional, regional, dan lokal.
"Melalui Finecast, kami telah berhasil berkolaborasi dengan penyedia konten terkemuka, media penyiaran, platform, dan penyedia data yang dapat menciptakan ekosistem hijau bagi kami guna menyelaraskan brand dengan para audiens yang relevan, sehingga meningkatkan nilai yang kami tawarkan kepada pemilik brand di negara ini," ucap Himanshu Shekhar, Rabu, 23 Agustus 2023.
Indonesia merupakan pasar TV terbesar di Asia Tenggara, dengan sekitar 60 juta rumah tangga pemirsa TV dan 69% pengguna internet telah memiliki smart TV, melampaui rata-rata global (Konsumen Ampere).
Ukuran pasar yang signifikan ini, ditambah dengan semakin beragamnya perangkat, konten, dan saluran, telah secara signifikan mengubah kebiasaan masyarakat di Indonesia dalam menonton siaran TV.
Untuk mengatasi tantangan yang dihadapi brand dalam menjangkau audiens target di media TV yang semakin terfragmentasi, GroupM Nexus memperkenalkan teknologi inovatif Finecast yang memudahkan pengiklan menjangkau audiens khusus di semua lingkungan TV melalui satu akses.
Kemitraan utama Finecast dengan penyedia data terbaik di kelasnya memungkinkan segmentasi audiens yang cerdas berdasarkan kondisi sosial ekonomi, tahap kehidupan, dan perilaku keuangan audiens , sehingga menghasilkan profil audiens TV yang sangat tepat.
Brand kemudian dapat menggunakan profil ini untuk menampilkan beragam iklan ke berbagai kalangan rumah tangga yang menonton acara TV yang sama, sehingga membuat iklan mereka lebih efektif serta dapat memaksimalkan investasi media mereka.
Brett Poole, CEO Finecast APAC di GroupM Nexus mengatakan, dengan pesatnya kemajuan data dan teknologi serta ekspansi audiens digital yang signifikan di Indonesia.
"Kami berada di titik kritis dimana pemilik brand dapat memanfaatkan peluang di TV yang dapat diakses langsung untuk meningkatkan penjualan produk dan membangun ekuitas sebuah brand," ucapnya.
"Kami dengan senang hati memperkenalkan kemampuan iklan TV canggih milik Finecast ke pasar Indonesia, yang menggabungkan kekuatan emosional televisi dengan data, yang menghasilkan peluang luar biasa bagi pengiklan di seluruh Indonesia, meskipun menawarkan pengalaman menonton acara TV yang unggul dan lebih personal," tutupnya.