Jakarta, (Tagar 25/3/2018) - Berhenti merokok memang sulit. Ketika memutuskan untuk berhenti, tubuh pun akan merespon agar bisa lepas dari ketergantungan.

Direktur Medis Klinik Kesehatan Bupa Inggris, Dr Luke James mengatakan merokok adalah kecanduan yang tidak hanya mempengaruhi kesehatan kita sendiri tetapi juga kesehatan orang-orang di sekitar kita.

Perokok pasif dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker paru-paru, seperti merokok itu sendiri. Saya tahu ini bisa terasa sangat menakutkan pada awalnya, tetapi berhenti akan memiliki dampak positif pada bagaimana Anda merasa dan kesejahteraan Anda cukup cepat.

"Penelitian telah menunjukkan bahwa jika Anda tidak merokok hanya selama empat minggu, Anda tidak hanya lebih mungkin berhenti untuk selamanya tetapi hanya dalam beberapa hari Anda juga akan merasa lebih mudah untuk bernafas dan Anda harus menemukan Anda memiliki lebih banyak energi. Ini benar-benar situasi menang-menang," ujarnya dilansir standard.

Namun, Anda kini tak perlu khawatir, Dr James memberikan sarannya tentang bagaimana perokok bisa berhenti merokok untuk selamanya.

Jangan membuang-buang Anda

Kunci untuk berhenti adalah 'ingin' melakukannya. Bersikaplah positif tentang perubahan dan ketahuilah bahwa Anda melakukannya untuk meningkatkan kesehatan Anda.

Keluarga dan teman-teman akan mendukung Anda melalui hal ini sehingga hubungi mereka jika Anda sedang berjuang. Jangan menjatuhkan diri jika Anda memiliki rokok yang aneh - ini sangat umum ketika Anda mencoba berhenti merokok. Pilih kembali diri Anda dan lanjutkan.

Ganti kebiasaan itu

Jika Anda membayangkan dan merasakan ingin merokok, gantilah kebiasaan itu dengan sesuatu yang sehat atau positif seperti pergi berjalan-jalan, menelepon seorang teman, atau manjakan diri Anda dengan camilan sehat. Mengganggu diri Anda dari keinginan akan membantu melawan dorongan itu.

Penting untuk menjaga agar tangan dan mulut tetap sibuk, jadi setelah makan - saat banyak perokok cenderung menyala - mulailah melakukan sesuatu dengan segera agar Anda tetap sibuk.

Mengubah rutinitas

Pemicu sering ditemukan dalam rutinitas sehari-hari. Seorang perokok biasanya akan menantikan istirahat kecil di hari untuk memiliki rokok. Untuk membalikkan ini, ubah rutinitas Anda dengan mencampur berbagai hal. Ubah perjalanan Anda, berjalan-jalan saat istirahat atau menjalankan tugas sambil makan siang alih-alih bersosialisasi dengan perokok lainnya.

Pikirkan uangnya!

Simpan uang yang biasanya Anda habiskan untuk membeli rokok dan lihatlah hasil yang tersimpan tersebut. Anda dapat menghitung berapa banyak yang dapat Anda hemat dengan menggunakan kalkulator biaya merokok. Biaya merokok terus meningkat sehingga Anda dapat menghemat cukup banyak uang dengan cukup cepat.

Meminta bantuan

Merokok bisa menjadi kecanduan serius, bagi sebagian dari kita itu bisa menjadi selimut keselamatan selama masa-masa yang penuh tekanan atau sulit. Jika Anda menemukan diri Anda berjuang, kunjungi dokter Anda. Mereka akan dapat membuat Anda berada di jalur yang benar menuju kehidupan tanpa asap.

Konsultasi dengan penasihat kesehatan

Penilaian kesehatan menawarkan berkonsultasi dengan penasihat kesehatan. Kali ini, Anda dapat dihabiskan untuk merencanakan bagaimana cara terbaik untuk berhenti. Terkadang mendengar kebenaran langsung dari seorang profesional medis dapat menjadi tendangan yang kita perlu berhenti.

Setelah penilaian kesehatan, penasihat kesehatan menawarkan panggilan pelatihan lanjutan yang merupakan cara terbaik untuk memastikan Anda tetap di jalur dan jauh dari rokok. standard.co.uk/rmt