Desain Company Profile, Apa Saja yang Harus Ada?

Start-up baru mungkin membanggakan profil perusahaan yang panjangnya hanya dua halaman.
Compro

TAGAR.id, Jakarta - Company profile merupakan ringkasan profesional yang menggambarkan bisnis dan apa yang dilakukannya. Anda memerlukan profil perusahaan profesional jika Anda mencoba menarik investor, tetapi Anda juga dapat menggunakannya untuk mendapat perhatian dari pemangku kepentingan lainnya, termasuk klien dan orang yang mengunjungi situs Anda untuk pertama kali.

Start-up baru mungkin membanggakan profil perusahaan yang panjangnya hanya dua halaman. Tim yang lebih berprestasi mungkin menyertakan penghargaan, sertifikasi, dan portofolio klien besar di profil mereka sendiri. 

Semuanya bertujuan untuk menunjukkan identitas perusahaan, apa misinya, dan apa yang telah dicapai. Company profile design setiap perusahaan dapat berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembuatan.

Pentingnya Company Profile

Ada beberapa manfaat menulis profil untuk perusahaan:

-Komunikasikan budaya dan nilai-nilai

Menulis profil perusahaan yang menekankan budaya perusahaan yang positif dan nilai-nilai yang kuat dapat membantu perusahaan menarik karyawan dan investor.

-Citra publik

Profil perusahaan yang kuat dapat memberikan perusahaan citra publik yang positif di komunitasnya.

-Pertumbuhan

Profil perusahaan dapat bertindak sebagai rencana untuk meningkatkan operasi bisnis dan pendapatan.


Apa yang Harus Ada di Company Profile?

1. Detail Bisnis

Disebut sebagai company profile karena suatu alasan yakni konten company profile atau bisnis harus berfungsi ganda sebagai laporan yang mudah dibaca yang merinci semua aspek terpenting dari merek, bisnis, dan tujuan Anda.

Hal ini termasuk informasi yang sangat mendasar, seperti informasi kontak untuk perusahaan Anda. Detail yang harus ada dalam company profile meliputi:

-Nama Perusahaan

-Tanggal didirikan

-Alamat kantor per lokasi

-Nomor telepon dan media sosial

-Alamat situs web

-Alamat email


2. Dasar Perusahaan

Apa yang akan dituliskan ini akan bervariasi tergantung pada industri Anda dan apa yang Anda lakukan secara khusus, lewati apa pun yang tidak relevan dengan perusahaan Anda, ambil dan pilih hanya apa yang perlu Anda sertakan.

Ini adalah salah satu area di mana Anda dapat benar-benar menunjukkan apa yang telah dilakukan perusahaan Anda dan di mana perusahaan ingin membawa dirinya di masa depan. Tunjukkan kepada target pembaca Anda bahwa perusahaan yang Anda miliki layak untuk diperhitungkan. Hal yang harus ada:

-Deskripsi bisnis, termasuk misi dan/atau visi.

-Deskripsi produk

-Deskripsi layanan

-Sejarah, ekspansi, dan pertumbuhan

-Hubungan Masyarakat

-Periklanan

-Informasi industri

-Kebijakan keselamatan, kesehatan, dan lingkungan

-Detail tim inti

-Portfolio klien


3. Highlight

Ini adalah bagian dimana perusahaan Anda menunjukkan hal-hal terbaik yang pernah dicapai. Tuliskan semua raihan positif yang pernah dimiliki perusahaan, seperti:

-Penghargaan

-Sertifikasi

-Program dan proyek khusus

-Testimonial

-Pengakuan berita atau media


4. Item Opsional

Anda dapat melihat item berikut di profil perusahaan lain atau di dalam sampel dan template di bawah ini. Jika Anda memiliki data atau silsilah untuk mendukung tindak lanjut, detail tambahan ini mungkin menarik bagi audiens Anda, terutama bagi calon investor.

-Penjualan tahunan

-Target keuangan

-Jumlah Karyawan

-Mitra

-Foto

Dengan mempertimbangkan semua detail utama yang berbeda ini, Anda dapat mulai membuat template company profile yang menyertakan semuanya. Isilah bagian yang kosong, dan Anda memiliki hal awal yang baik untuk membangun company profile.


Tips Menulis Company Profile

Berikut tips yang dapat Anda ikuti untuk membuat company profile yang menarik:

Gunakan subjudul

Anda dapat membuat sub judul untuk setiap bagian profil perusahaan untuk mengatur informasi dengan cara yang mudah dipahami pembaca.

Sertakan logo

Menyertakan logo perusahaan Anda di profil dapat mempromosikan pengenalan merek dan bertindak sebagai elemen desain untuk dokumen tersebut.

Pertimbangkan elemen desain

Font, warna, grafik, dan ruang putih dapat menentukan desain profil perusahaan. Anda dapat mengikuti gaya branding perusahaan Anda untuk mencapai desain company profile yang menarik.

Koreksi profil

Sebelum Anda mendistribusikan profil perusahaan, pastikan untuk menggunakan perangkat lunak pemeriksa ejaan untuk memastikan tidak ada kesalahan pada profil. Ini dapat membantu profil Anda tampak bersih dan profesional bagi pembaca.


Contoh Isi Company Profile

Sebelumnya, Anda perlu memilih terlebih dahulu desain dasar apa yang akan digunakan untuk membuat company profile. Setelah melakukan hal tersebut, perhatikan isi company profile seperti yang ada pada penjelasan berikut ini.

1. Cover depan

Cover depan yang ada pada company profile akan bertuliskan nama perusahaan beserta logo.


2. Daftar Isi

Daftar isi menjadi petunjuk bagi pembaca mengenai isi keseluruhan company profile. Daftar isi dibuat untuk memudahkan pencarian informasi agar pembaca langsung mengarah ke tujuan, apa yang akan dibaca, informasi apa yang ada di perusahaan yang ingin diketahui.


3. Sejarah, Deskripsi, dan Struktur Organisasi

Pada tahap pengenalan perusahaan, Anda bisa mengisinya dengan hal-hal tentang identitas perusahaan. Seperti sejarah berdirinya perusahaan dan bidang bisnis yang dijalankan, latar belakang berdirinya perusahaan lengkap dengan pendiri dan struktur organisasi perusahaan.

Pembaca akan memahami tentang bagaimana perjalanan bisnis perusahaan Anda yang masih berdiri kokoh hingga saat ini.


4. Visi dan Misi Perusahaan

Visi dan Misi adalah hal yang wajib ada pada company profile. Anda perlu menulis secara detail tujuan perusahaan, strategi, dan komitmen dalam bentuk visi misi untuk menunjukan bahwa perusahaan Anda akan memberikan kinerja terbaik.


5. Produk atau Jasa Perusahaan

Pada bagian ini, Anda harus mencantumkan produk atau jasa apa yang Anda produksi. Tuliskan nama, manfaat, spesifikasi, keunggulan, dan penjelasan lainnya tentang produk atau jasa, lengkap dengan gambar yang bisa terlihat jelas sebagai visualisasi kepada pembaca.


6. Keunggulan Perusahaan

Pada bagian ini, tuliskan prestasi dan segala pencapaian. Tunjukkan pada pembaca bahwa perusahaan Anda memang yang terbaik. Cantumkan segala penghargaan yang pernah diraih.


7. Pencapaian

Penulisan pencapaian, portofolio, dan sertifikat perusahaan wajib ditulis dalam company profile agar pembaca Anda tertarik dan percaya dengan perusahaanmu. Tulis bukti kesuksesan perusahaan berupa dokumentasi, sertifikat yang pernah diraih, dan portofolio hasil karya yang pernah dikerjakan untuk klien.


8. Dokumentasi

Bagian terakhir adalah dokumentasi perusahaan. Sebelum menutup halaman company profile, Anda bisa mencantumkan dokumentasi dari aktivitas perusahaan, fasilitas perusahaan, dan karyawan yang sedang bekerja atau ada berapa karyawan yang bekerja. Tujuannya agar lebih meyakinkan bahwa perusahaanmu menjalankan bisnis yang sudah dijelaskan sebelumnya.


9. Cover Belakang

Sebagai penutup, tuliskan informasi terkait kontak perusahaan seperti nomor telepon, email, dan alamat perusahaan secara lengkap dan jelas. Pastikan nomor kontak aktif dan bisa dihubungi oleh orang yang membaca company profile Anda.

Itulah cara membuat company profile. Bagi Anda yang baru mendirikan perusahaan atau baru memperkenalkan perusahaan Anda ke investor, konsumen, atau pemangku kepentingan lainnya, ada baiknya menggunakan jasa desain company profile.

Fastwork sebagai platform penyedia jasa desain company profile mampu membuat desain company profile yang sesuai dengan standar perusahaan-perusahaan besar. Menggunakan jasa desain company profile dari desainer di Fastwork, company profile akan dibuat dengan menarik dan memuat detail-detail tentang perusahaan Anda.[]

Berita terkait
Tips Memilih Laptop untuk Bisnis Online, Perhatikan Nomor 5
Selain handphone, laptop untuk menjalakan bisnis online menajdi bagian terpenting yang dapat memengaruhi kinerja bisnis itu sendiri.
Ini Tips dari Google Agar Bisnis Online Makin Sukses
Namun menurutnya penting untuk masyarakat untuk dapat membaca arah pasar yang terjadi saat ini, salah satu indikator dari tren pencarian google.
Kemensos Bagikan Kiat-kiat Mengembangkan Bisnis dalam Workshop Online PENA
Kemensos terus mendorong para penerima manfaat yang tengah merintis atau bahkan menata jalan sebagai wirausaha mandiri.
0
Ramalan Zodiak Minggu 29 Januari 2023, Peruntungan Cinta
Ramalan zodiak Minggu, 29 Januari 2023, untuk semua zodiak yang menggambarkan tentang sebuah peruntungan dalam cinta yang akan Anda alami.