UNTUK INDONESIA
Cuitan Wanda Hamidah Viral, NasDem Beri Penjelasan
Partai NasDem angkat bicara atas viralnya cuitan Wanda Hamidah tentang ramalan Indonesia jika salah pilih pemimpin pada 2014 lalu.
Wakil Ketua Pansus Angket KPK Taufiqulhadi (Foto: Nuranisa)

Jakarta - Kicauan Wanda Hamidah di Twitter pada 2014 mendadak jadi perbincangan publik. Pasalnya, tanda pagar #WandaHamidahPeramalUlung sempat menjadi trending topic hari ini, Selasa, 15 Oktober 2019. 

Cuitan Wanda pada 4 Juni 2014, dinilai netizen menjadi kenyataan. Ketika itu, perempuan berusia 42 tahun tersebut memberi peringatan agar tidak lagi hidup di zaman Orde Baru (Orba) yang otoriter. 

Salah satu peringatannya menyebutkan, "Nanti punya anak terus hilang enggak pulang-pulang karena mengkritisi pemerintahan.. baru nyesel," 

Warganet lantas mengaitkan kondisi yang sekarang ini dengan aksi demonstrasi mahasiswa dan pelajar sekolah menengah beberapa waktu lalu. Saat demo itu, sejumlah demonstran ditangkap polisi berhari-hari, sehingga para orang tua kesulitan mencari anak-anaknya.

Selain itu, cuitan Wanda yang lain juga disoroti netizen. “Jangan sampai nanti enggak bisa ngeritik lagi..baru nyesel..” 

Hal itu juga dikaitkan dengan situasi sekarang yaitu mengenai tiga prajurit TNI dicopot jabatannya dan ditahan karena para istrinya mengomentari kejadian penusukan yang dialami Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto.

Pada Pemilu 2014 lalu, Wanda Hamidah menjadi pendukung Joko Widodo-Jusuf Kalla, sementara rivalnya Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Saat itu, dia khawatir jika rakyat salah pilih dan mengulang kembali situasi yang pernah terjadi pada orde baru. Akbatnya, kebebasan berpendapat bakal terancam.

"Gerakan hari ini sekedar mengingatkan.. kita pernah menentang sistim otoriter.. engga enak hidup dizaman itu," kata Wanda Hamidah dalam cuitan yang lain.  

Sikap Wanda Hamidah juga adalah sikap dirinya sendiri.

Melihat hal itu, Anggota Dewan Pakar Partai NasDem, Teuku Taufiqulhadi mengatakan pernyataan Wanda Hamidah tidak berkaitan dengan arah kebijakan partai. 

"Sikap Wanda Hamidah juga adalah sikap dirinya sendiri, yang tidak ada hubungan apapun dengan NasDem," ujar Taufiqulhadi kepada Tagar, Selasa 15 Oktober 2019. 

Jadi, dia membantah jika cuitan Wanda yang dianggap warganet menjadi kenyataan saat ini.[]

Baca juga:

Berita terkait
Gerindra Bergabung Koalisi, Bagaimana Sikap NasDem?
Partai NasDem dikatakan pengamat politik masih akan bertahan di koalisi, sekalipun Gerindra yang menjadi simbol oposisi merapat ke pemerintahan.
Sekjen NasDem: Soal Kabinet, Itu Kewenangan Presiden
Pertemuan Prabowo Subianto dengan Surya Paloh tidak membicarakan soal koalisi, opsisi dan jatah menteri karena merupakan kewenangan presiden
Wanda Hamidah Senggol Sandi: Dia Bisa Menyesatkan...
Kepada Sandi, Wanda meminta agar sejumlah pernyataan yang telah dilontarkan diluruskan.
0
Sultan Minta Sirip Malioboro Yogyakarta Ditata
Uji coba Malioboro bebas kendaraan bermotor akan berlanjut. Gubernur DIY Sri Sultan HB X minta siri-sirip Malioboro juga perlu ditata.