CEO TikTok Temui Luhut Usai Dilarang Jualan di Indonesia

CEO Menyusul pelarangan tersebut, TikTok langsung menemui Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.
Pemerintah Indonesia resmi melarang TikTok berjualan sebagai social commerce melalui TikTok Shop. (Foto: Tagar/Pixabay)

TAGAR.id, Jakarta - Pemerintah Indonesia resmi melarang TikTok berjualan sebagai social commerce melalui TikTok Shop. CEO Menyusul pelarangan tersebut, TikTok langsung menemui Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Pelarangan Tiktok Shop tersebut termuat dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik, yang mulai berlaku Selasa, 26 September 2023. 

"Saya kemarin (Rabu, 27 September 2023) ketemu CEO TikTok, mereka juga menerima (aturan baru itu)," kata Luhut di sela perayaan ulang tahunnya yang ke-74 di Sopo Del Tower, Kamis, 28 September 2023. 

Luhut memastikan, larangan TikTok Shop tak akan mengganggu rencana investasi TikTok di Indonesia. "Saya rasa (rencana investasi) enggak terganggu," tegas Luhut.

Sebelumnya CEO TikTok, Shou Zi Chew, berkunjung ke Indonesia pada pertengahan Juni 2023 lalu. Saat itu dia juga bertemu dengan Luhut, juga dengan Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. 

CEO Mendag Zulhas usai bertemu dengan CEO TikTok mengatakan, perusahaan teknologi asal China itu akan menginvestasikan hingga USD 10 miliar di Indonesia.

TikTok Shou Zi Chew juga mengatakan, konten di platformnya ini menjadi lebih beragam karena menambahkan lebih banyak pengguna dan memperluas melampaui iklan ke e-commerce, memungkinkan konsumen untuk membeli barang melalui tautan di aplikasi selama streaming langsung.

Dilaporkan, TikTok memiliki 8.000 karyawan di Asia Tenggara, dan 2 juta pedagang UMKM yang menjual dagangan mereka di platformnya di Indonesia, ekonomi terbesar di kawasan ini, tambahnya.

Transaksi e-commerce di seluruh wilayah mencapai hampir USD 100 miliar tahun lalu, dengan Indonesia menyumbang USD 52 miliar, menurut data dari konsultan Momentum Works.

TikTok memfasilitasi USD 4,4 miliar transaksi di seluruh Asia Tenggara tahun lalu, naik dari USD 600 juta pada tahun 2021, tetapi masih tertinggal jauh dari penjualan merchandise regional Shopee sebesar USD 48 miliar pada tahun 2022, kata Momentum Works. []

Berita terkait
Cara Efektif Mendapatkan Banyak Followers di TikTok
TikTok telah menjadi tempat yang luar biasa untuk mengekspresikan kreativitas, berbagi momen, dan membangun komunitas online yang bersemangat.
Seorang Dokter Bedah Plastik di AS Dilarang Praktik Karena Tayangkan Operasi di TikTok
Dewan medis mengatakan Dr Grawe, yang sudah diberhentikan untuk praktik sementara sejak bulan November 2022
Pengguna TikTok Wajib Tahu Cara Download Video Tanpa Watermark
Pengguna TikTok di seluruh dunia semakin menggandrungi platform ini sebagai sarana untuk berbagi kreativitas, hiburan, dan informasi.
0
CEO TikTok Temui Luhut Usai Dilarang Jualan di Indonesia
CEO Menyusul pelarangan tersebut, TikTok langsung menemui Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.