Cek dan Cara Dapat Diskon Listrik PLN Hingga Desember 2021

Untuk memberikan layanan kepada pelanggan terkait stimulus, PLN membuka saluran pengaduan melalui aplikasi PLN Mobile.
Diskon listrik PLN. (Foto: Tagar)

Jakarta - Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril mengatakan, pemerintah berkomitmen memberikan keringanan pembayaran/pembelian listrik bagi rumah tangga kecil, pelaku usaha kecil dan menengah serta masyarakat yang bergerak di bidang sosial, bisnis dan industri.

“Pemerintah juga telah memperpanjang pemberian stimulus listrik hingga Desember 2021. Kami PLN siap menyalurkannya,” kata Bob Saril dalam keterangannya, dikuti Minggu, 25 Juli 2021.

Berdasarkan surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, stimulus periode Juli- September 2021, besaran diskon listrik PLN adalah sebagai berikut.

  1. Pelanggan golongan rumah tangga daya 450 Volt Ampere, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.
  2. Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.
  3. Pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.


Cara dapat dan cek penerima diskon listrik yang diperpanjang hingga Desember 2021.

  1. Buka situs resmi www.pln.co.id atau https://stimulus.pln.co.id, setelahnya pilih opsi menu bertuliskan 'Stimulus Covid-19 (Diskon)
  2. Isi dan lengkapi data informasi yang diminta, seperti identitas pelanggan PLN, nomor meter, kode captcha, tarif serta daya listrik yang digunakan
  3. Tunggu sesaat hingga diskon token listrik muncul dalam kolom keterangan
  4. Isi nomor token ke meteran listrik yang sesuai dengan ID Pelanggan yang sudah teregister.

Untuk memberikan layanan kepada pelanggan terkait stimulus, PLN membuka saluran pengaduan melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Playstore atau AppStore. 


Pemerintah juga telah memperpanjang pemberian stimulus listrik hingga Desember 2021. Kami PLN siap menyalurkannya.


Sebagai informasi, Pemerintah kembali memperpanjang pemberian diskon tarif listrik PLN untuk pelanggan 450 VA dan 900 VA subsidi hingga Desember 2021.

"Diskon listrik yang harusnya selesai bulan September untuk 32,6 juta pelanggan (450 dan 900 VA), kita akan perpanjang sampai bulan Desember," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers PPKM Darurat, Sabtu, 17 Juli 2021. []

Baca Juga: PLN Siapkan Transisi Menuju Energi Bersih untuk Masa Depan

Berita terkait
39 Tahun Dikelola PLN, PLTP Kamojang Tetap Hasilkan Energi
PLTP Kamojang adalah bagian penting sejarah perjalanan kelistrikan Tanah Air yang hasilkan energi. Jejak kehadirannya dimulai pada tahun 1918.
Dirut PLN Raih Penghargaan CEO Terbaik dari The Iconomics
Direktur Utama PT PLN Persero Zulkifli Zaini meraih penghargaan Indonesia Best CEO Award 2021 dari Employees Choice. Berikut ulasannya.
0
Cek dan Cara Dapat Diskon Listrik PLN Hingga Desember 2021
Untuk memberikan layanan kepada pelanggan terkait stimulus, PLN membuka saluran pengaduan melalui aplikasi PLN Mobile.