Cara Mengatasi Mobil Overheat Saat Mudik Lebaran

Kendaraan mobil banyak dipilih masyarakat untuk mudik Lebaran karena memberikan keleluasaan selama dalam perjalanan. Simak ulasannya.
Ilustrasi - Mengatasi Mobil Overheat. (Foto: Tagar/Pixabay)

TAGAR.id, Jakarta -  Kendaraan mobil banyak dipilih masyarakat untuk mudik Lebaran karena memberikan keleluasaan selama dalam perjalanan. 

Menggunakan mobil memiliki keuntungan terkait fleksibilitas waktu dan rute, sehingga pemudik bisa mampir ke suatu tempat yang belum direncanakan sebelumnya.

Pemeriksaan menyeluruh sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran dengan mobil penting dilakukan untuk menghindari mesin mengalami panas berlebih (overheat). 

Mesin overheat merupakan salah satu masalah yang kerap dialami pemudik, terutama ketika dihadapkan pada kemacetan panjang.


Cara Mengatasi Mesin Overheat Saat Mudik

Mobil yang sudah terlanjur mengalami mesin overheat sebaiknya tidak dipaksakan untuk tetap melaju. Mengutip laman Daihatsu Indonesia, serangkaian langkah berikut ini sebaiknya dilakukan:

  1. Pinggirkan mobil dan matikan mesin. Mesin yang kelebihan panas dapat merusak komponen-komponen lain di dalamnya. Jika mulai terasa overheat, sebaiknya dinginkan mesin terlebih dahulu.
  2. Buka kap mesin untuk menyingkirkan panas. Kap yang dibuka membuat sirkulasi udara terjadi lebih cepat yang bisa membantu mendinginkan mesin.
  3. Hindari membuka tutup radiator saat masih panas mesinnya. Uap air panas dari radiator memiliki tekanan tinggi yang bisa menimbulkan luka bakar serius jika terkena kulit.
  4. Periksa tabung cadangan air radiator. Cek kembali cadangan air radiator yang saling terhubung dengan bagian atas radiator. Tambahkan cairan pendingin bila kurang dari indikator ketinggian normal. Jika mobil tidak punya cadangan air radiator, tunggu mesin sampai dingin sebelum menambahkan cairan pendingin.
  5. Cari kebocoran sistem pendinginan. Cari penyebab mesin mengalami overheat. Bagian yang bisa diperiksa antara lain radiator, blok mesin, atau kepala silinder yang ada di dekat gasket. Namun, bila tidak memahami hal ini, dapat mendatangi bengkel mobil terdekat untuk cek tekanan sistem pendingin.
  6. Segera pilih keputusan: tetap jalan atau meminta bantuan. Apabila panas hanya disebabkan kekurangan cairan radiator, maka tinggal isi dan jalan lagi. Namun, apabila mesin overheat sudah parah maka ikuti petunjuk berikut.
  • Saat air tampak sama sekali habis, jangan pernah menjalankan mobil.
  • Apabila mudah memperoleh bantuan, bisa meminta mobil derek ketimbang dijalankan.
  • Apabila sulit memperoleh bantuan dan tidak aman situasinya, sebaiknya tetap jalankan mobil demi keselamatan

( Iskandar Isnan )

Berita terkait
Pesan Presiden Jokowi kepada Masyarakat yang Sedang Mudik
Jokowi punya pesan untuk masyarakat Indonesia yang saat ini sedang mudik Lebaran, merayakan Idul Fitri 2022 bersama keluarga di kampung halaman.
Presiden Jokowi Sebut Salat Id dan Mudik Berjalan Lancar
“Tadi pagi juga kita pantau di semua kota, semua provinsi, semuanya berjalan dengan baik, alhamdulillah” ungkap Presiden
Komentar Menohok Denny Siregar Soal Video Anies Baswedan Bagikan Kaos 'Anies Presiden' ke Pemudik
Kata dia, pembagian baju itu tak menjadi masalah karena Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mengakhiri masa jabatannya pada Oktober 2022.
0
Cara Mengatasi Mobil Overheat Saat Mudik Lebaran
Kendaraan mobil banyak dipilih masyarakat untuk mudik Lebaran karena memberikan keleluasaan selama dalam perjalanan. Simak ulasannya.