Cara Menabung di Bank bagi Pemula

Setelah melihat keuntungan dan kerugian yang telah dijabarkan di atas, Anda tak perlu cemas dengan kekurangan sistem tabungan bank.
Kartu Kredit (Foto:Tagar/Pixels/Pixabay)

Jakarta - Memiliki tabungan dapat sangat membantu kita ketika kita dalam keadaan darurat. Tak hanya itu, dengan memiliki tabungan dapat memudahkan kita dalam mempersiapkan kebutuhan dimasa yang akan datang.

Menabung bisa dilakukan dimana saja, akan tetapi menabung di bank dapat membantu Anda dalam mengatur keuangan Anda.

Bagi Anda yang ingin memulai menabung di bank, sebaiknya lakukan tips ini.


1. Tetapkan Tujuan Menabung

Cara pertama adalah dengan menetapkan tujuan Anda menabung. Misalnya, untuk membeli rumah ketika sudah memasuki usia 30 tahun. Dengan demikian, Anda akan semakin termotivasi untuk berhemat dan rutin menambah nominal tabungan.


2. Buat Rekening Tabungan Bank Terpisah

Penting bagi Anda memisahkan rekening tabungan khusus rumah impian, simpanan jatah kebutuhan mendesak, atau sekadar penyimpan sisa gaji bulanan. Hal ini untuk menghindari transaksi yang campur aduk. Jangan sampai Anda berbelanja menggunakan tabungan untuk membeli rumah, kecuali jika berada di situasi mendesak.


3. Pakai Sistem Debit Otomatis

Cara menabung di bank yang paling menguntungkan selanjutnya adalah dengan menggunakan autodebet karena dapat membantu berhemat. Cara kerjanya yakni dengan memotong sejumlah saldo sesuai dengan transaksi atau tagihan nasabah. Dengan demikian Anda akan lebih berhati-hati dalam mengatur pengeluaran karena berpengaruh pada jumlah tabungan.


4. Sisihkan Penghasilan dengan Rutin

Berbagai tips menabung di bank yang paling menguntungkan dapat Anda maksimalkan dengan berhemat dan menyisihkan gaji secara rutin. Jumlah ideal untuk disisihkan adalah 5% - 10% dari total penghasilan. Namun hal ini sepenuhnya tergantung pada kebutuhan pokok Anda selama bulan tersebut.


5. Hindari Kredit

Tips menabung di bank yang paling menguntungkan selanjutnya yaitu menjaga kestabilan setoran. Caranya adalah sebisa mungkin hindari kredit atau pinjaman karena cicilan barang mewah seperti gadget dapat memangkas jatah tabungan Anda secara signifikan.


6. Investasi di Bank

Jika Anda mengharapkan produk untuk menabung di bank yang paling menguntungkan, tentu investasi adalah solusi tepat. Sudah bukan rahasia lagi bahwa hanya bermodal Rp100 ribu untuk berinvestasi, dapat mendatangkan banyak saldo tambahan.

Namun, sebelum memilih instrumen perbankan ini, pastikan bahwa jatah kebutuhan pokok dan dana darurat telah terpenuhi. Hal ini karena beberapa produk investasi seperti saham dan obligasi sangat fluktuatif sehingga Anda pun berpeluang merugi.[]


(Ratu Mitha Amelia)

Baca Juga:


Berita terkait
Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menabung Emas Digital
Saat ini, transformasi digital semakin masif sehingga hampir semua hal bisa dilakukan secara digital, begitu pula menabung emas.
Ketahui Bagaimana Perusahaan Asuransi Menghasilkan Uang
Perusahaan asuransi menghasilkan uang dengan dua cara utama.
Penutupan Peparnas, Jokowi: Kita Menunjukkan Kebangkitan
residen Republik Indonesia Joko Widodo resmi menutup penyelenggaraan Pekan Parallimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021. Simak selengkapnya.
0
Taiwan Akan Terus Mencermati Interaksi AS dan China
Pemerintahan Biden berulang kali tegaskan komitmen AS terhadap Taiwan sangat kukuh, Taiwan terus mencermati interaksi antara AS dan China