Indonesia
Bumi Super, Planet Bertabur Permata dan Ruby
Planet itu berada di luar tata surya dan dijuluki Bumi Super, atau dengan nama resmi HD219134 b.
Bumi Super, atau dengan nama resmi HD219134 b. (Foto: Istimewa)

Jakarta, (Tagar 2/1/2019) - Belum lama ini ilmuwan mengklaim telah menemukan Planet bertaburan Safir dan Ruby. Hal ini sungguh menggoda bukan, apalagi bebatuan tersebut merupakan jenis batu permata yang langka dan bernilai tinggi di Bumi.

Planet itu berada di luar tata surya dan dijuluki Bumi Super, atau dengan nama resmi HD219134 b. 

Berdasarkan laporan di laman Royal Astronomical Society, Desember lalu, Bumi Super itu terbentuk pada suhu tinggi di dekat bintang inangnya. Mengandung kalsium, alumunium, serta oksida dalam jumlah tinggi, termasuk safir dan rubi.

"Planet itu kemungkinan berkilau merah ke biru seperti batu rubi dan safir, karena batu permata ini adalah aluminium oksida yang umum di planet ekstrasurya tersebut," kata Caroline Dorn, ahli astrofisika dari Universitas Zurich.

Caroline menyebutkan, jarak HD219134 b adalah 21 tahun cahaya dari Bumi. Mengorbit dalam bilangan tahun yang lamanya hanya tiga hari, di rasi bintang Cassiopesia.

Selain HD219134 b, peneliti juga menemukan dua planet lain. Jadi ada tiga kandidat yang kemungkinan berasal dari kelas eksoplanet baru.

Peneliti mengatakan, kemungkinan benda-benda eksotis ini memiliki kepadatan 10 hingga 20 persen lebih rendah daripada Bumi. []

Berita terkait
0
Dugaan Penyelundupan Sabu Bermodus Pasokan Bawang Impor
Bea Cukai Lhokseumawe menahan dua kapal kayu bermuatan bawang impor ilegal. Diduga terdapat sabu dalam muatan kapal yang berasal dari Malaysia.