UNTUK INDONESIA
Bukan Seto, Tapi Nova Arianto Asisten Shin Tae-Yong
Asisten pelatih tim nasional U-22 Nova Arianto dan bukan Seto Nurdiyantoro yang ditunjuk sebagai asisten pelatih timnas senior Shin Tae-Yong.
Pelatih timnas senior Shin Tae-Yong akan didampingi Nova Arianto usai menandatangani kontrak sebagai asisten pelatih pada Selasa 7 Januari 2020. Sebelumnya pelatih Indra Sjafri juga ditetapkan sebagai asisten Shin. (Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya)

Jakarta - Asisten pelatih tim nasional U-22 Nova Arianto kembali terlibat di timnas senior. Kali ini, Nova menjadi asisten pelatih Shin Tae-Yong. Terpilihnya Nova sekaligus menepis kabar pelatih PSS Sleman musim lalu, Seto Nurdiyantoro, yang akan menjadi asisten pelatih timnas. 

Sosok asisten pelatih masih tidak jauh dari nama yang selama ini berkutat di timnas. Sebelumnya memang sempat mencuat nama Seto yang sukses membawa tim promosi PSS bertahan di Liga 1. Sementara, dua tim promosi lainnya, Kalteng Putra dan Semen Padang harus kembali ke Liga 2. 

Namun nama Seto memang hanya sebatas rumor atau sekadar meramaikan bursa asisten pelatih Shin Tae-Yong. Dan, seperti diperkirakan Nova yang kemudian terpilih setelah menandatangani kontrak di Kantor PSSI, Jakarta, Selasa 7 Januari 2020.

Semoga saya dapat memberikan yang terbaik untuk membantu pelatih Shin Tae-Yong memajukan sepak bola Indonesia

"Di dalam kontrak, saya membantu Shin Tae-Yong selama satu tahun dengan opsi perpanjangan. Ini menjadi kesempatan luar biasa menjadi asistennya," ujar Nova kepada Antara.

Nova juga menyebut bahwa jabatannya tersebut menjadi tantangan besar dalam kariernya. Apalagi, dia mendampingi pelatih yang membawa Korea Selatan berlaga di Piala Dunia 2018 dan mengalahkan Jerman 1-0 di penyisihan grup.

"Semoga saya dapat memberikan yang terbaik untuk membantu pelatih Shin Tae-Yong memajukan sepak bola Indonesia," kata pria yang semasa aktif bermain pernah memperkuat timnas ini.

Meski demikian, Nova Arianto belum dapat memastikan di timnas mana dia  membantu Shin Tae-Yong. Pasalnya Shin ditugaskan menangani timnas senior dan U-20 yang berlaga di Piala Dunia U-20 2021. Kepastian terkait hal tersebut baru diketahui saat Nova bertemu dengan Shin Tae-Yong bersama para asisten pelatih lainnya termasuk Indra Sjafri.

"Pertemuannya mungkin berlangsung pada Kamis 9 Januari 2020. Pasalnya, pelatih Shin baru tiba di Indonesia besok," tutur Nova.

Dengan demikian, pelatih Shin Tae-Yong sudah memiliki dua asisten pelatih asal Indonesia yakni Indra Sjafri dan Nova Arianto. Selain Indra dan Nova, Shin rencananya membawa beberapa asisten pelatih dari Korea Selatan.

Tentang Nova Arianto, penunjukkannya sebagai asisten pelatih timnas di masa Shin Tae-Yong membuat rekam jejaknya di persepakbolaan nasional semakin panjang.

Sebelumnya, pada 2019, Nova merupakan asisten dari pelatih timnas U-22 Indra Sjafri. Dia membantu Witan Sulaeman dkk merengkuh gelar Piala AFF U-22 dan merebut medali perak sepak bola putra SEA Games 2019. []

Berita terkait
PSSI: Shin Tae-yong Lebih Siap Dibanding Luis Milla
Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Somantri merasa Tae-yong Lebih siap untuk dijadikan pelatih tim nasional Indonesia dibanding Luis Milla.
PSSI Bertemu Luis Milla, Instagram Iriawan Banjir
Akun Instagram milik Ketua Umum PSSI Komjen Pol. Mochamad Iriawan, dibanjiri seruan netizen yang ingin Luis Milla kembali melatih Timnas Indonesia.
Pelatih Timnas Menghilang, PSSI Tak Tahu Posisinya
Pelatih tim nasional Simon McMenemy tiba-tiba menghilang. Namu PSSI tidak mengetahui di mana keberadaan McMenemy
0
Fadli Zon Sebut Ahok Anak Emas Jokowi, Kenapa?
Waketum Partai Gerindra Fadli Zon menilai Presiden Jokowi menganakemaskan Komisaris Utama Pertamina, Ahok. Kenapa?