UNTUK INDONESIA
BJ Habibie Sakit, Keluarga: Otak Jalan, Lupa Badan
Pihak keluarga Presiden ketiga Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie membeberkan alasan kondisi BJ Habibie yang terus menurun dalam sepekan terakhir.
Presiden ketiga BJ Habibie (tengah) tiba di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, 24 Mei 2019). (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

Jakarta - Pihak keluarga Presiden ketiga Republik Indonesia (RI) Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie membeberkan alasan kondisi BJ Habibie yang terus menurun dalam sepekan terakhir. BJ Habibie yang kini terbaring di Paviliun Kartika, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Gatot Subroto sakit karena karena kelelahan.

Menurut salah satu putra BJ Habibie, Thareq Kemal Habibie sebagai orang yang pernah menjadi nomor satu di Indonesia, kediamannya tak pernah sepi dari tamu. Habibie kerap didatangi berbagai tokoh terutama politisi Indonesia.

"Banyak sahabat datang dan minta pendapat, bapak menerima dengan senang hati," kata Thareq Kemal Habibie di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa, 10 September 2019 seperti dilansir dari Antara.

Baca juga: Riwayat Penyakit yang Diidap BJ Habibie

Namun, Thareq menilai ayahnya tersebut kadang lupa dengan kondisi tubuhnya. Sangking asiknya berdialog dengan tamu, BJ Habibie tak menyadari kesehatannya.

"Kelemahan bapak karena otaknya masih jalan, tapi suka lupa badannya sudah tidak bisa mengikuti lagi," ujarnya.

Otaknya masih jalan, tapi suka lupa badannya sudah tidak bisa mengikuti lagi.

Seusai menjalani perawatan intensif dari Tim Dokter Kepresidenan (TDK), BJ Habibie yang sakit sejak 1 September 2019 sudah berangsur-asur membaik.

Baca juga: Kronologi BJ Habibie Masuk RSPAD

Jika BJ Habibie sudah diizinkan pulang, pihak keluarga akan membatasi kunjungan tamu yang menjenguk Habibie. Hal tersebut untuk mengantisipasi agar Habibie tidak kembali kelelahan.

"Untuk itu, nanti di rumah Kuningan harus kami batasi siapa yang menjenguk," ucapnya. []

Berita terkait
Mereka yang Menemani BJ Habibie di Rumah Sakit
Siapa saja yang menemani Presiden ketiga RI BJ Habibie selama menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Jakarta?
Tujuh Kali Hoaks BJ Habibie Meninggal
Setidaknya, sudah tujuh kali hoaks mengenai kabar Habibie meninggal, kabar yang meresahkan masyarakat.
SBY Hingga Anies, Jenguk BJ Habibie di RSPAD
Presiden ke-3 RI Baharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) dijenguk oleh sejumlah tokoh nasional seperti Presiden ke-6 SBY dan Anies Baswedan.
0
Revisi UU KPK, Jokowi Minta Masyarakat Bersuara ke DPR
Presiden RI Joko Widodo menyampaikan tanggapannya terkait keputusan Revisi Undang-Undang KPK. Ia mengaku, ide awal revisi tersebut dibawa oleh DPR.