Bisnis e-Commerce Paling Sukses

Ini memunculkan banyak sekali ide bisnis e-niaga paling menguntungkan yang memang bisa dibilang cukup menjanjikan dalam menghasilkan uang.
Ilustrasi - (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Orang sekarang ini banyak yang lebih memilih berbelanja atau membeli barang dengan menggunakan cara online, apalagi di era pandemi. Ini memunculkan banyak sekali ide bisnis e-niaga paling menguntungkan yang memang bisa dibilang cukup menjanjikan dalam menghasilkan uang. 

Dan informasi mengenai ide bisnis ini memang banyak dicari, dan sudah ada banyak juga lho contoh bisnis e-commerce yang sudah semakin jadi.

Di Indonesia sendiri ada beberapa e-commerce yang sudah berhasil dan menjadi salah satu perusahaan besar di masa sekarang. Sebenarnya kita bisa mempelajari berbagai bisnis e-commerce untuk mengetahui tips dan trik dalam mengembangkan bisnis tersebut. 

Berikut ini kami akan berikan informasi mengenai beberapa contoh bisnis e-commerce yang sukses yang berasal dari Indonesia saja.


Contoh Bisnis e-commerce Yang Sukses

Ada beberapa  e-commerce dari Indonesia yang memang cukup sukses dan sekarang ini menjadi salah satu perusahaan yang besar. Dari memahami konsep layanan yang diberikan dan tata cara mereka membangunnya, tentu kita akan bisa mendapatkan banyak pembelajaran yang berharga. Dan berikut ini kami akan informasikan beberapa contoh e-commerce yang sukses dari Indonesia.


1. Tokopedia

Tokopedia memang menjadi salah satu e-commerce yang sangat berhasil di Indonesia pada masa sekarang ini. Ada banyak sekali pengguna dari aplikasi ini yang dipakai untuk berbelanja barang apapun yang mereka inginkan. 

Selain itu juga ada banyak perusahaan maupun UMKM yang menggunakan Tokopedia ini untuk berjualan ke seluruh Indonesia dengan jangkauan yang luas.

Tokopedia itu menggunakan model marketplace customer to customer, sehingga orang bisa berperan sebagai pembeli dan sebagai penjual. Tokopedia di sini sebagai pihak ketiga dari penjual dan pembeli, dan mengharuskan transaksi itu menggunakan rekening bersama. 

Sehingga Tokopedia akan menginformasikan penjual bila terjadi pembayaran dan kemudian penjual akan mengirimkan barang, setelah diterima uang baru diberikan ke penjual.


2. OLX

Pada tanggal 20 Mei 2014 Tokobagus dan juga berniaga itu sudah merger dan menjadi e-commerce baru yang bernama OLX. Dan OLX sendiri merupakan satu-satunya e-commerce yang menggunakan konsep iklan baris, tidak seperti e-commerce yang lainnya. 

Jadi OLX itu tidak menyediakan layanan transaksi antar penjual dan pembeli, jadi transaksi dilakukan secara konvensional.

Jadi di OLX itu orang hanya akan melihat iklan orang yang menjual barang, setelah itu pembeli dan penjual akan berkomunikasi sendiri. Transaksi pun dilakukan antara penjual dan pembeli langsung, bisa menggunakan transfer bank atau bisa juga COD. Di OLX ini tidak hanya menawarkan barang baru saja lho, akan tetapi banyak juga barang bekas di sana.


3. Bukalapak

Bukalapak ini memang menjadi salah satu e-commerce Indonesia yang bisa dibilang sangat sukses dalam menerapkan customer to customer. Sama seperti halnya Tokopedia, Bukalapak ini menjadi pihak ketiga antara penjual dengan pembeli dalam melakukan transaksi di e-commerce tersebut. Dan hal ini membuat transaksi Online itu jadi jauh lebih aman dan bisa terhindar dari penipuan.

Jadi sistem dari Bukalapak adalah pembeli memasukkan order pembelian dan kemudian membayar, setelah membayar penjual akan diinformasikan. Setelah itu penjual akan mengirimkan barang dan memberi nomor resi ke Bukalapak untuk pembeli bisa melacak barang. Setelah pembeli menerima barang melakukan konfirmasi dan setelah itu pembayaran diteruskan ke penjual.


4. Blibli

Blibli juga menjadi salah satu e-commerce belanja yang memang cukup populer sekarang ini yang berasal dari Indonesia. Namun konsep dari Blibli ini lebih ketat, karena Blibli itu menerapkan konsep shoping Mall, bukan customer to customer. Sehingga untuk bisa berjualan di Blibli itu memang ada proses verifikasi yang ketat dan sudah memiliki brand tersendiri.


5. Tiket.com

Salah satu e-commerce yang juga sangat sukses dari Indonesia itu adalah Tiket.com yang menggunakan konsep Business to customer. Konsep dari bisnis ini adalah melengkap toko Online dengan website, sehingga orang bisa melakukan pembelian. Setelah ditambahkan Anda bisa secara langsung memiliki usaha tersebut sebagai penjual dan bisa dipakai untuk transaksi penjualan tiket baik kendaraan atau penginapan.


Tips Membangun Bisnis e-commerce Yang Sukses

Dari beberapa e-commerce di atas, sebenarnya kita bisa mempelajari konsep dari setiap e-commerce yang sudah sukses di Indonesia. Dan menurut kami kita bisa menjadikan beberapa hal dari e-commerce tersebut sebagai contoh langkah untuk membangun e-commerce. Dan berikut ini kami akan jelaskan beberapa tips untuk membangun e-commerce tersebut.


1. Mengerti Kebutuhan Masyarakat

Tips yang pertama itu adalah soal kebutuhan masyarakat, di mana dilihat dari beberapa e-commerce memang bisa menjawab beberapa masalah. Pertama adalah belanja, di mana dengan begitu orang tidak perlu lagi repot berbelanja atau mencari barang tertentu. Bahkan untuk penjual pun menjadi jawaban dan bantuan, karena bisa memiliki pasar yang jauh lebih besar.


2. Mengelola e-commerce Dengan Baik

Tips yang kedua adalah mengelola e-commerce dengan baik seperti memberikan tampilan situs yang ramah untuk pengguna. Tampilan yang ramah dan memudahkan ini tentu akan membuat orang nyaman dan mudah dalam bertransaksi dan akan banyak dipakai orang. Selain itu juga bisa memberikan pilihan pembayaran seperti menggunakan transfer bank atau dengan menggunakan e-wallet.


3. Menyediakan Layanan Yang Lengkap

Tips yang terakhir adalah menyediakan layanan lengkap seperti misalnya layanan Online marketing untuk membantu para penjual. Selain itu juga bisa memberikan layanan yang memudahkan pembeli untuk menemukan barang yang sedang dicari. Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan dalam membangun e-commerce.

Baca Juga: Dukung Pertumbuhan E-Commerce RI, Tokopedia Gandeng Epsilon

Berita terkait
MenkopUKM Ajak IMA Bersinergi Dukung UMKM Masuk E-Commerce
Teten Masduki mengajak Indonesian Marketing Association bersinergi untuk mendukung UMKM agar dapat menguasai pasar e-commerce dalam negeri.
Pelanggan Telkomsel Kini Bisa Upgrade ke Kartu uSIM 4G Melalui e-Commerce
Telkomsel, menambah kemudahan pelanggan dalam menukar kartu SIM non 4G ke uSIM 4G melalui mitra e-commerce Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan JD.ID.
Tak Gentar E-Commerce, Ikea Akan Buka 50 Gerai Lagi
Perilaku konsumen banyak beralih dari konvensional ke e-commerce tak membuat Ikea gentar. Perusahaan akan membuka 50 gerai lagi.
0
Jepang Perluas Keadaan Darurat Covid-19 Selama Olimpiade
Jepang perluas keadaan darurat Covid-19 ke empat wilayah selain di Tokyo, 30 Juli 2021, menyusul lonjakan infeksi yang membukukan rekor baru