Bill Clinton Pulih dari Infeksi Urologis

Bill Clinton akan tetap dirawat di rumah sakit saat ia pulih dari infeksi urologis, kondisinya membaik dan dalam semangat yang baik
Mantan Presiden AS, Bill Clinton, menyampaikan pidato pada peringatan 20 tahun Penempatan Pasukan NATO di Kosovo di Pristina, Kosovo 12 Juni 2019 (Foto: voaindonesia.com - REUTERS/Florion Goga)

Jakarta – Bill Clinton akan tetap dirawat di rumah sakit saat ia pulih dari infeksi urologis. Namun seorang juru bicara mengatakan pada Jumat, 15 Oktober 2021, bahwa kondisinya membaik dan dalam semangat yang baik.

"Semua indikator kesehatan menunjukkan ke arah yang baik, termasuk jumlah darah putihnya yang menurun secara signifikan," kata juru bicara Angel Ureña dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dikutip dari Kantor Berita Associated Press (AP).

Ureña mengatakan Clinton, 75 tahun, akan tetap dirawat University of California Irvine Medical Center sehingga dia dapat menerima antibiotik intravena lebih lanjut.

"Presiden Clinton terus dalam semangat yang luar biasa, dan sangat berterima kasih atas perawatan luar biasa yang dia terima dan harapan baik yang telah dikirim orang-orang dari seluruh Amerika dan di seluruh dunia," kata pernyataan itu.

Ajudan lain dari sang mantan presiden mengatakan bahwa Clinton berada di bagian perawatan intensif rumah sakit, meskipun seharusnya tidak memerlukan perawatan ICU.

Ajudan itu, yang berbicara kepada wartawan di rumah sakit dengan syarat namanya tidak disebutkan, tidak menjelaskan alasan Clinton berada di ICU. Dia mengatakan Clinton memiliki infeksi urologis yang menyebar ke aliran darahnya, tetapi dia dalam kondisi membaik dan tidak pernah mengalami syok septik, kondisi yang berpotensi mengancam jiwa.

Clinton dalam semangat yang baik dan menyulap buku dan menonton liputan TV tentang rawat inapnya, kata ajudan itu. Hillary Clinton bersamanya di rumah sakit.

presiden bidenPresiden Joe Biden berbicara dalam sebuah upacara, menghormati petugas penegak hukum yang gugur di National Peace Officers\' Memorial Service tahunan ke-40 di US Capitol di Washington, Sabtu, 16 Oktober 2021 (Foto: voaindonesia.com - AP/Manuel Balce Ceneta)

Presiden AS, Joe Biden, mengatakan pada hari Jumat, 15 Oktober 2021, dalam sambutannya di Universitas Connecticut bahwa dia telah berbicara dengan Clinton dan mantan presiden itu “mengirimkan salam terbaik.”

"Kami semua memikirkan Presiden Clinton hari ini," katanya. "Dia selalu menjadi anak yang kembali."

Kemudian, Biden mengatakan kepada wartawan bahwa Clinton “tidak dalam kondisi serius” dan “segera keluar dari rumah sakit.”

Clinton dirawat di rumah sakit pada Selasa, 12 Oktober 2021, malam karena apa yang hanya digambarkan Ureña sebagai infeksi yang tidak terkait dengan Covid-19.

Pada tahun-tahun sejak Clinton meninggalkan Gedung Putih pada 2001, mantan presiden itu menghadapi masalah kesehatan. Ia menjalani operasi bypass empat kali lipat pada 2004 setelah mengalami nyeri dada yang berkepanjangan dan sesak napas.

Dia kembali ke rumah sakit untuk operasi paru-paru yang kolaps sebagian pada 2005, dan pada 2010 dia memasang sepasang stent di arteri coroner (ah/rs)/voaindonesia.com. []

Mantan Presiden AS Bill Clinton Dirawat di Rumah Sakit

Donald Trump dan Dua Presiden AS yang Dimakzulkan

Wanita Pengungkap Skandal Clinton-Lewinsky Meninggal

Tiga Mantan Presiden Amerika Serikat Vaksinasi Virus Corona

Berita terkait
Mantan Presiden AS Bill Clinton Dirawat di Rumah Sakit
Mantan Presiden AS, Bill Clinton, dirawat di rumah sakit di California, AS, karena infeksi yang tidak terkait dengan Covid-19
0
Bill Clinton Pulih dari Infeksi Urologis
Bill Clinton akan tetap dirawat di rumah sakit saat ia pulih dari infeksi urologis, kondisinya membaik dan dalam semangat yang baik