UNTUK INDONESIA
BI Kediri Siapkan Rp 4,38 T Saat Pandemi Covid-19
Bank Indonesia wilayah Kediri meniadakan program kas mobil keliling untuk penukaran uang karena Covid-19. Penukaran dilakukan langsung di bank.
Ilustrasi anggaran Covid-19. (Foto: Dok. Tagar)

Kediri - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri menyiapkan sebesar Rp 4,38 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang kartal masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Apalagi, momen Ramadan dan Idulfitri 2020.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri Sofwan Kurnia mengatakan penyediaan uang kartal sebesar Rp 4,38 triliun untuk untuk kebutuhan masyarakat selama momen Ramadan dan Idulfitri 2020. Jika dibandingkan tahun lalu, penyediaan uang kartal tahun ini turun sebesar 14 persen jika dibandingkan tahun lalu.

Layanan pemenuhan kebutuhan Uang Pecahan Kecil (UPK) uang kepada masyarakat hanya disediakan melalui loket di bank.

"Penyediaan uang tersebut sebagai antisipasi pemenuhan kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan Idulfitri. Selain itu, adanya kebijakan pemerintah untuk stimulus kepada masyarakat akibat pandemi Covid-19," ujarnya kepada Tagar melalui video call, Senin, 4 Mei 2020.

Apalagi, jelang Idulfitri pemerintah juga akan mencairkan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan TNI/Polri. Sementara itu, di tengah pandemi Covid-19, Sofwan menyampaikan kepada masyarakat untuk memanfaatkan dan penggunaan pembayaran nontunai seperti mobile banking, e-Money, dan QRIS (QR Code Indonesia Standard).

"Penggunaan uang digital bisa mencegah penyebar luasan Covid-19. Untuk itu, kita imbau masyarakat untuk menggunakan transaksi digital," tuturnya.

Sementara itu, BI Kediri juga memutuskn untuk meniadakan program kas mobil keliling yang diguanakan sebagai sarana menukar uang kartal warga. Peniadaan ini, kata dia, karena kas mobil keliling dinilai dapat mengundang kerumunan massa dalam jumlah banyak.

"Layanan pemenuhan kebutuhan Uang Pecahan Kecil (UPK) uang kepada masyarakat hanya disediakan melalui loket di bank," ucapnya.

Selain itu, BI Kediri juga sudah berkoordinasi dengan perbankan untuk memberikan layanan penukaran uang dengan tetap melakukan protokol pencegahan Covid-19.

"Penukaran untuk masyarakat akan dilayani oleh 66 Kantor Cabang (KC) bank di seluruh wilayah kerja BI Kediri terhitung mulai dari tanggal 29 April sampai 20 Mei 2020," tuturnya. []

Berita terkait
Larangan Mudik Pengaruhi Tingkat Inflasi Jawa Timur
Akibat program larangan mudik oleh pemerintah membuat tingkat inflasi Jatim berdasarkan data BPS mencatatkan paling rendah dalam tiga terakhir.
BI Sebut Pengguna QRIS di Bali Meningkat 200 Persen
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali mengatakan setidaknya sudah 80.717 merchant di Pulau Dewata telah menggunakan QRIS.
BI Gelar Pekan QRIS Nasional untuk Dongkrak Pengguna
Bank Indonesia (BI) menggelar Pekan QRIS Nasional 2020 di Bali yang merupakan bagian dari proses sosialisasi ke pelaku usaha dan masyarakat.
0
BI Kediri Siapkan Rp 4,38 T Saat Pandemi Covid-19
Bank Indonesia wilayah Kediri meniadakan program kas mobil keliling untuk penukaran uang karena Covid-19. Penukaran dilakukan langsung di bank.