Jakarta - Saat ini manusia memiliki banyak pilihan dalam berkomunikasi, baik itu secara langsung, atau lewat telepon, serta media sosial (Facebook, Instagram, dan Twitter). Namun meskipun banyak pilihan komunikasi seperti sekarang ini, ternyata banyak juga yang mengungkapkan dengan cara yang unik, salah satunya lewat baliho.

Cara unik mengungkapkan perasaan itu tentu saja langsung direspons oleh warganet dan langsung menjadi viral. Suka atau tidak, hal itu menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat luas.

Berikut ini beberapa orang yang mengungkapkan perasaan lewat baliho

1. Pria Putuskan Pacar Lewat Baliho di Semarang

Masyarakat Kota Semarang pada bulan Maret 2019, terheran-heran dengan baliho yang dipasang di pertigaan Jalan Sultan Agung. Pasalnya, selama ini tidak ada baliho berbentuk aneh seperti itu.

Dalam baliho dengan background hitam itu terlihat foto seorang wanita yang cukup besar. Lalu ada tulisan, yang bisa dibaca dengan jelas, "Kamu sudah kecewain aku, kamu sudah selingkuhin aku, Aku mau PUTUS." 

Bahkan, saat itu orang Semarang membicarakan perihal baliho itu sampai di pelosok kampung, dan juga di media sosial (medsos) dan whatsapp (WA).

Kemudian video tentang pertengkaran dua orang itu juga muncul. Tidak tanggung-tanggung, dalam video itu mereka bertengkar tepat dibawah baliho itu. 

Setelah viral di Twitter, unggahan tersebut kemudian diunggah kembali di akun Instagram @makassar_iinfo.

"Diselingkuhi dengan pacarnya, si pria malah buat baliho dengan tulisan  Tak hanya memasang baliho, si pria juga mengumumkan di depan umum pakai pengeras suara. #barisansakithati," tulis akun @makassar_iinfo, Minggu, 10 Maret 2019.

Setelah sekitar satu minggu, baliho tersebut diturunkan.

Viral Baliho Putuskan PacarBaliho putuskan pacar yang viral di media sosial. (Foto: Instagram/makasar_iinfo)

Apa yang sebenarnya terjadi?

Ternyata kejadian tersebut merupakan bagian dari program reality show Katakan Putus. Itu adalah sebuah acara realitas yang ditayangkan di Trans TV setiap Senin hingga Jumat jam 14:00-15:00. Kabar itu terungkap setelah adegan video (yang versi WAnya sudah diedit) tersebut muncul di salah satu episode acara Katakan Putus yang tayang pada Rabu, 13 Maret 2019.

Adegan pria memutuskan kekasihnya lewat baliho yang terdapat pada episode itu tampak sudah dipersiapkan matang dengan pengambilan gambar menggunakan beberapa kamera.

Akun Instagram-nya @katakanputus_ttv juga mengumumkan episode itu.

"Mas-nya begitu banget mau putus aja udah kayak orasi demo mahasiswa. Pake baliho pula. Saksikan Katakan Putus hari ini Episode spesial Semarang gengs pukul 15.00 wib," tulis keterangan unggahan @katakanputus_ttv.

Langsung saja, warganet mengomentari tulisan itu.

@mputriw: Ternyata boongan.

@ekadwiilestari: ini lho yg aku bahas kemaren eh gataunya cuma syuting.

@r.1064: Acara settingan.

2. Melamar Kekasih Via Baliho

Di media sosial juga sempat viral seorang pria melamar sang pujaan hati via baliho. Gadis yang dilamar itu bernama Nadia Octavia, seorang presenter di salah satu stasiun televisi swasta.

Baliho yang dipasang di kawasan Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan itu bertuliskan 'Happy Birthday My Love. Will You Marry Me, Nadia Octavia?'

 Melamar Kekasih Via BalihoBaliho melamar kekasih di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. (Foto: Instagram/nadya_oct 

Tentu saja, Nadia tidak bisa menyembunyikan perasaannya melihat tulisan di baliho tersebut. Dia mengungkapkan perasaannya di akun Instagramnya

'Seriously this is the BEST birthday gift EVER. This guy never ceases to amaze me. Thank you'

(Serius ini adalah hadiah ulang tahun TERBAIK PERNAH. Orang ini tidak pernah berhenti membuat saya takjub. Terima kasih)

*ini pelakunya: @adyalaksmana,' ungkap Nadia Octavia di keterangan fotonya.

3. Three Billboards Outside Ebbing, Missouri (2017)

Poster FilmPoster film Three Billboards Outside Ebbing, Missiouri. (Foto: Facebook)

Three Billboards Outside Ebbing, Missouri adalah judul film drama komedi gelap yang dibintangi oleh Frances McDormand dan Woody Harrelson.

Film ini bercerita tentang seorang ibu yang anak gadisnya terbunuh. Setelah berbulan-bulan berlalu tanpa ada kejelasan, Mildred Hayes membuat langkah berani, dia menyewa tiga billboard (baliho) dan menulis pesan dengan tulisan besar serta mudah dibaca. Pesan tersebut diarahkan pada William Willoughby, kepala polisi yang dihormati. Tentu saja pesan di baliho tersebut membuat geger seisi masyarakat Kota Ebbing.

Film ini beredar pada 2017. Dua tahun sebelum dua kejadian viral putuskan pacar dan melamar kekasih. 

Apakah film ini menjadi inspirasi kejadian itu? Sampai berita ini diturunkan, belum pernah ada keterangan tentang hal itu. []

Baca juga: