Jakarta, (Tagar 3/2/2019) - Mengidolakan seseorang, ketika seseorang yang diidolakan itu dipersepsi mengalami peristiwa yang menyakitkan, yang mengidolakan pun akan merasakan sakit. Karena mengidolakan melibatkan emosi. Semakin mengidolakan, semakin sakit rasanya. 

Hal ini pula yang dialami pengagum Basuki Tjahaja Purnama yang sekaligus menjadi pengagum Veronica Tan. 

Ketika sepak terjang Ahok BTP sebagai Gubernur DKI Jakarta menjadi pembicaraan tak henti-henti di media sosial, Veronica Tan dan ketiga buah hatinya juga mencuri perhatian. 

Sebagian netizen mempersepsikan Ahok dan Vero sebagai pasangan bahagia dan akan abadi selama-lamanya, hanya maut yang bisa memisahkan. 

Ketika kenyataan berbicara lain, Ahok-Vero berakhir cerai, ditambah Ahok keluar dari penjara langsung tampil dengan gandengan baru, Puput Nastiti Devi yang adalah mantan ajudan Vero, sebagian pengagumnya merasakan ngilu. 

Hal ini dialami seorang perempuan pengagum berinisial KS.

Di akun Facebooknya, KS mengunggah tiga foto Veronica Tan yang sedang menangis. Bersama unggahan foto itu ia menulis:

"Saya dulu kerap mempostingkan tulisan tentang Veronica. Saya menjadi salah satu orang yang kagum melihat keteguhan, kesederhanaan, dan sikapnya yang seringkali diam. 

Apa yang Vero lalui ketika bersama dengan BTP pasti berat. Apalagi ketika beliau menghadapi ribuan atau bahkan jutaan orang yang beringas, dan sebagian meneror akan membunuh suaminya, atau bahkan mengganggu keluarganya, anak-anaknya.

Melihat foto-foto ini kembali saya jadi merasa tidak punya perasaan, dengan ikut gegap gempita membagikan foto BTP dan calon istri barunya. 

Saya jadi sungkan, dan kemudian saya hide saja postingan itu. Saya merasa Vero pasti merasakan sesuatu di luar sana. Apalagi saat membaca berita bahwa badan beliau mengurus. 

Mungkinkah orang yang tidak mencintai akan menangis seperti ini? Mungkinkah?

Bu Vero, saya berharap Anda baik-baik saja. Saya pun turut senang melihat BTP bebas, atau menemukan kebahagiaan barunya dengan orang lain. Semoga semua baik-baik adanya."

Ahok BTPAhok BTP belajar ngevlog. (Foto: Instagram/basukibtp)

Ahok Serius Mau Jadi YouTuber

KS tidak sendirian, banyak yang merasakan sakit seperti dirinya. Namun, Veronica Tan tetap bersikap misterius. Menyimpan sendiri rahasianya. Ia dan anak tengah dan anak bungsunya tidak tampak di depan publik saat Ahok keluar dari penjara. Hanya Nicholas Sean anak sulung yang tampak menyambut ayahnya. 

Sementara kehidupan Vero terlihat sangat tertutup, tidak demikian halnya dengan Ahok. 

Setelah heboh dengan cincin merah delima dan mengunjungi Merry Roeslani istri Jenderal Hoegeng Imam Santoso yang disebut Gus Dur sebagai polisi paling jujur di Indonesia, Ahok asyik belajar ngevlog. Sepertinya ia tidak main-main ingin menjadi seorang YouTuber.

"Ternyata membuat vlog itu sulit ya. Pagi ini saya diajari oleh @goenrock tipe vlog yang cocok untuk saya, dan alat-alat apa saja yang harus dibeli. Terima kasih atas ilmunya, semoga bisa saya aplikasikan segera. Selengkapnya akan muncul di vlogbtp," kata Ahok dalam catatan di akun Instagramnya. 

Walaupun Ahok mengunggah perkara belajar ngevlog, komentar netizen kebanyakan masih berputar-putar pada persoalan rumah tangga Ahok. 

Fifi Lety adik Ahok tahu pasti pro-kontra masyarakat dalam menilai Ahok, Vero, dan Puput. Ada yang tadinya kagum setengah mati pada Ahok menjadi benci, atau berkurang rasa kagumnya. Bermacam-macam penilaian orang. Ahok juga tak mungkin bisa menyenangkan semua orang. 

"Mohon maaf saya usahakan jawab semua, tetapi tetap tidak mungkin bisa jawab semuanya. Waktu-waktu ini mau saya gunakan untuk belajar diam dan doa saja. Tuhan selalu baik #romans8v28 . Kita doakan yang terbaik saja buat semua yang pro atau kontra. Terima kasih. Itu tanda keluarga kami disayang dan banyak yang peduli. Saat ini mohon doa ya yang terbaik buat semua. Please let’s just pray for all the best," tulis Fifi di akun Instagramnya.

Ahok sendiri tidak menanggapi pro-kontra orang-orang terhadap masalah pribadinya. Ketika ia bilang belajar ngevlog, ya soal ngevlog yang dibahasnya. 

"Karena saya baru di dunia VLOG, maka saya harus belajar dari awal mengenai cara membuat VLOG, serta peralatan apa saja yang digunakan. Saya belajar mengenai hal ini dari @Goenrock (youtube.com/goenrock). Tidak hanya itu, dia menemani saya untuk membeli peralatan VLOG," tulis Ahok pada pengantar video 'Belajar Ngevlog' di kanal YouTube-nya, Panggil Saya BTP. []