UNTUK INDONESIA
Bangkitnya AS dari Resesi Berdampak Positif ke Indonesia
Bangkitnya ekonomi Amerika Serikat dari resesi dinilai bisa berdampak positif terhadap Indonesia.
Bangkitnya ekonomi Amerika Serikat dari resesi dinilai bisa berdampak positif terhadap Indonesia. (Foto: Tagar/YouTube/Eko Listiyanto).

Jakarta - Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Eko Listiyanto menanggapi bangkitnya ekonomi Amerika Serikat (AS) dari resesi. Menurut dia, kondisi ini bisa berdampak positif terhadap Indonesia.

"Iya, dampaknya tentu positif bagi Indonesia, produk-produk ekspor ke AS berpeluang meningkat," katanya saat dihubungi Tagar, Minggu, 1 November 2020.

Eko menjelaskan ada pun alasan mengapa ekonomi AS yang lepas dari resesi bisa berdampak positif terhadap Indonesia. "Karena AS salah satu mitra dagang terbesar Indonesia," ucapnya.

Terkait ekspor, kata dia, Indonesia mempunyai beberapa produk yang bisa diandalkan untuk dikirim ke Negeri Paman Sam. "Produk ekspor seperti pakaian, alas kaki, produk elektronik, furnitur, dan hasil karet adalah andalan Indonesia menembus pasar AS," ujar Eko.

Untuk itu, kata Eko, momen ini kedepannya harus bisa dimanfaatkan Indonesia. "Pemerintah harus bisa memanfaatkan peluang ini secara optimal," tuturnya. []

Berita terkait
Lockdown di Amerika Tidak Bikin Hancur Ekonomi
Amerika sedang dihadapkan pada dua pilihan: nyawa manusia atau ketahanan ekonomi. Tulisan seorang WNI yang bekerja di New York, Amerika Serikat.
Bertemu Menlu AS, Jokowi Bahas Kerja Sama Ekonomi - Pertahanan
Jokowi hari ini, Kamis, 29 Oktober 2020 menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo di Istana Kepresidenan Bogor.
Dua Ekonom Amerika Serikat Raih Nobel Ekonomi 2020
Dua ekonomi Amerika Serikat menerima penghargaan Nobel 2020 di bidang ekonomi untuk karya mereka tentang teori lelang
0
Bangkitnya AS dari Resesi Berdampak Positif ke Indonesia
Bangkitnya ekonomi Amerika Serikat dari resesi dinilai bisa berdampak positif terhadap Indonesia.