Bagaimana China Menjadi Penagih Utang Terbesar di Dunia

BRI atau Insiatif Sabuk dan Jalan yang masif dari China, mendukung pembangunan sekitar 21.000 proyek infrastruktur di seluruh dunia
China menyewa Pelabuhan Internasional Hambantota di Sri Lanka selama 99 tahun setelah proyek tersebut kesulitan membayar kembali pinjamannya (Foto: dw.com/id - Liu Hongru/Photoshot/picture alliance)

TAGAR.id - China telah meminjamkan 1,3 triliun dolar AS untuk proyek-proyek infrastruktur dari Asia hingga Amerika Latin untuk meningkatkan perdagangan. DW menanyakan bagaimana Beijing akan memastikan utang tersebut dilunasi. Nik Martin melaporkannya untuk DW.

Belt and Road Initiative (BRI) atau Insiatif Sabuk dan Jalan yang masif dari China, mendukung pembangunan sekitar 21.000 proyek infrastruktur di seluruh dunia, dianggap sebagai inti dari kebijakan luar negeri Presiden Xi Jinping.

Hal ini sering dibandingkan dengan Marshall Plan AS untuk Eropa setelah Perang Dunia II, Beijing telah memberikan lebih dari 1,3 triliun dollar atau setara dengan 1,2 triliun euro dalam bentuk pinjaman selama sekitar satu dekade terakhir untuk mendanai pembangunan jembatan, pelabuhan, dan jalan raya di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah, menurut sebuah laporan baru.

BRI telah membantu memulihkan rute perdagangan kuno antara China dan seluruh dunia, sehingga dijuluki Jalur Sutra Baru. BRI juga telah meningkatkan pengaruh global Beijing, yang membuat Washington dan Brussels kecewa.

Para kritikus mengatakan bahwa BRI telah menjerat negara-negara berkembang dengan utang yang tidak dapat dikelola dan meninggalkan jejak karbon yang sangat besar di saat perlindungan lingkungan seharusnya menjadi prioritas. Beberapa negara, termasuk Filipina, telah menarik diri dari proyek-proyek tersebut.

Beberapa pihak merujuk pada strategi China yang menawarkan kontrak kepada perusahaan-perusahaan milik negara untuk membangun proyek-proyek infrastruktur, yang sering kali mengarah pada biaya konstruksi yang tidak jelas sehingga negara-negara tersebut harus berjuang keras untuk menegosiasikannya kembali.

Meskipun China telah berkomitmen untuk terus menginvestasikan miliaran dolar dalam proyek-proyek baru, hari perhitungan kini telah tiba. Tagihan dari 10 tahun terakhir atas banyak pinjaman tersebut kini telah jatuh tempo.

jalur metro di lahoreDi bawah BRI, China meminjamkan dana kepada Pakistan untuk membangun metro Jalur Oranye baru untuk Lahore (Foto: dw.com/id - Jamil Ahmed/Xinhua/picture alliance)

Berapa banyak pinjaman BRI yang menjadi macet?

Sebuah laporan yang diterbitkan awal bulan ini oleh AidData memperkirakan bahwa 80% dari pinjaman yang diberikan oleh China di negara-negara berkembang adalah kepada negara-negara yang mengalami kesulitan keuangan. Lembaga riset yang berbasis di Amerika Serikat ini memperkirakan bahwa total hutang yang belum dilunasi, tidak termasuk bunga, setidaknya mencapai 1,1 triliun dolar.

Meskipun laporan ini tidak memberikan angka berapa banyak pinjaman yang telah menjadi macet, laporan ini menyatakan bahwa jumlah pembayaran yang tertunggak melonjak. Para penulis laporan ini juga mencatat bahwa 1.693 proyek BRI beresiko dan 94 proyek telah dibatalkan atau ditangguhkan.

AidData menghitung bahwa lebih dari separuh pinjaman BRI saat ini telah memasuki masa pembayaran kembali pokok pinjaman mereka, pada saat suku bunga dasar global telah meningkat tajam, sehingga beban pembayaran kembali yang harus ditanggung oleh negara-negara pengutang menjadi lebih besar.

Para penulis laporan tersebut menemukan bahwa China, dalam beberapa kasus, telah menaikkan suku bunga dua kali lipat sebagai denda atas keterlambatan pembayaran dari 3% menjadi 8,7%.

Ketika China pertama kali mulai menawarkan pinjaman kepada negara-negara berkembang pada pergantian abad, kurang dari seperlima proyek-proyek yang dijaminkan, dibandingkan dengan hampir dua pertiga saat ini.

Sebuah laporan Bank Dunia awal tahun ini menemukan bahwa Beijing telah memberikan milyaran pinjaman dana talangan kepada negara-negara BRI.

China sekarang mengadopsi strategi baru untuk mengurangi risiko dari gelombang pinjaman bermasalah, termasuk pinjaman penyelamatan yang membantu menopang keuangan pemerintah yang telah dipinjami dan sering kali bank-bank sentral mereka, demikian temuan AidData.

bendungan di kambojaBendungan pembangkit listrik tenaga air Lower Sesan II yang kontroversial di Kamboja dibangun dengan pinjaman China (Foto: dw.com/id - Chen Gang/Photoshot/picture alliance)

Apa yang dilakukan Amerika Serikat dan Eropa untuk bersaing dengan China?

AidData menemukan bahwa ketika China menghabiskan sekitar 80 miliar dolar per tahun untuk memberikan pinjaman kepada negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah, Amerika Serikat justru mengejar ketertinggalannya.

Washington membelanjakan sekitar 60 miliar dolar untuk pembiayaan pembangunan serupa setiap tahunnya, sebagian besar karena pembiayaan proyek-proyek sektor swasta oleh Korporasi Pembiayaan Pembangunan Internasional AS (DFC).

Salah satu contoh pembiayaan AS adalah rencana pembangunan terminal peti kemas pengiriman air dalam di Pelabuhan Kolombo Sri Lanka, dengan biaya setengah miliar dolar, yang diumumkan awal bulan ini.

Negara kepulauan di Samudra Hindia ini sedang berjuang untuk pulih dari krisis keuangan dan ekonomi yang mengerikan dan komitmen pinjaman yang ada pada BRI China telah menghambat upaya untuk menyelesaikan masalah keuangannya.

Beijing meminjamkan uang tunai untuk membangun Pelabuhan Hambantota, di pantai tenggara Sri Lanka, bersama dengan bandara dan kota di atas tanah reklamasi. Namun, proyek-proyek ini tidak cukup menguntungkan untuk membayar kembali pinjaman tersebut.

Dua tahun lalu, negara-negara G7 meluncurkan inisiatif Build Back Better World, atau B3W, sebuah upaya lain dari AS dan sekutunya untuk mengimbangi BRI.

Bulan lalu, Uni Eropa mengadakan pertemuan puncak pertama untuk program Global Gateway-nya sendiri, yang juga dipandang sebagai alternatif dari BRI dan diharapkan dapat membantu mempertahankan pengaruh Eropa, terutama di negara-negara Selatan.

Selama pembicaraan, kesepakatan senilai hampir 70 miliar euro atau sekitar 76 miliar dollar ditandatangani dengan pemerintah di seluruh Eropa, Asia dan Afrika. Dukungan Uni Eropa, yang pada akhirnya dapat mencapai 300 miliar euro, akan membantu proyek-proyek yang berkaitan dengan mineral mentah yang penting, energi hijau, dan koridor transportasi.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan bahwa Global Gateway akan memberikan "pilihan yang lebih baik" kepada negara-negara berkembang untuk membiayai proyek-proyek infrastruktur. Meskipun ia tidak mengkritik BRI China, ia mencatat bahwa pilihan-pilihan lain untuk pembiayaan sering kali harus dibayar dengan "harga yang mahal."

AidData menemukan bahwa meskipun AS dan sekutunya mungkin tidak dapat menandingi Beijing dolar demi dolar secara berkelanjutan, sebagian karena menjanjikan terlalu banyak dan tidak dapat memenuhi, G7 telah menghabiskan lebih banyak uang dari China pada tahun 2021 sebesar 84 miliar dolar

Dalam laporannya, AidData juga memperingatkan AS dan sekutunya agar tidak mencoba bersaing dengan BRI China karena Beijing beralih dari proyek-proyek konstruksi berskala besar ke penagihan utang.

Namun, penulis laporan tersebut mengatakan bahwa kegagalan banyak proyek BRI memang menawarkan peluang untuk memikat negara-negara yang terkena dampak, seperti Sri Lanka, untuk kembali ke orbit Barat. (bh/rs)/dw.com/id. []

Berita terkait
Indonesia Ajukan Utang ke China untuk Biaya Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Presiden Jokowi dukung langkah PT KCIC untuk dapat meneruskan proyek tersebut karena semua pihak harus mendukung transportasi massal