Baca Doa Ini Jika Ingin Selamat Dunia dan Akhirat

Membaca doa juga merupakan adab dan permohonan dari hambanya kepada sang pencipta. Salah satunya doa keselamatan dunia-akhirat.
Ilustrasi seorang muslim berdoa (Foto: Tagar/Pexels)

Jakarta - Setiap orang yang hidup pasti ingin meraih keselamatan baik di dunia maupun di akhirat. Selain dengan rajin dan taat melakukan ibadah, harus juga diiringi dengan doa yang bersungguh-sungguh kepada Allah SWT.

Membaca doa juga merupakan adab dan permohonan dari hambanya kepada sang pencipta. Salah satu doa yang harus kita panjatkan adalah doa keselamatan dunia-akhirat. 

Terlebih di tengah pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai, doa ini sangat dianjurkan untuk dibaca.

Adapun lafaz doa keselamatan dunia-akhirat adalah sebagai berikut.

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Latin: “Allahumma inna nasaluka salamatan fi ad-dini wa afiyatan fil-jasadi wa ziyadatan fil-ilmi wa barakatan fi ar-rizqi wa taubatan qablal-mauti wa rahmatan indal-mauti wa maghfiratan ba’dal-mauti. Allahumma hawwin alaina fii sakaratil-mauti wannajata minannari wal-afwa indal-hisabi.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepadaMu keselamatan di dalam beragama, dan kesehatan pada jasad (tubuh dan jiwa), dan limpahan ilmu, keberkahan dalam rizki, taubat sebelum kematian menyapa (datang), rahmat saat kematian tiba, dan ampunan setelah kematian itu terjadi. Ya Allah, mudahkanlah atas kami di dalam menempuh sakratul maut, berikanlah keselamatan dari siksa neraka, dan ampunan di hari hisab.”

Doa ini merupakan doa yang penuh makna, karena dalam satu doa tersebut terdapat banyak permohonan yang dapat dikatakan semua manusia membutuhkannya. 

Doa tersebut merupakan doa memohon keselamatan dunia-akhirat, seperti kesehatan tubuh dan jiwa, ilmu pengetahuan yang berlimpah, dan keberkahan rizki.

Selain itu doa tersebut juga memohon keselamatan akhirat seperti dimudahkan saat sakaratul maut, taubat sebelum kematian, ampunan setelah kematian, diselamatkan dari api neraka, dan mendapatkan kemudahan saat hisab nanti.[]


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
Kumpulan Doa Cepat Menemukan Jodoh yang Baik
Banyak yang bilang bahwa jodoh itu tak akan ke mana. Namun kalau Tagarians tak berusaha, bukan tak mungkin akan kesulitan mendapatkan jodoh.
Doa Kelancaran Rezeki Umat Khatolik
Itulah beberapa doa untuk kelancaran rezeki, semoga kita selalu mendapatkan rezeki yang berlimpah dari Tuhan Yang Maha Esa.
Doa Agar Diberikan Kemudahan dan Kelancaran Segala Urusan
Dalam agama Islam, doa melengkapi daya dan upaya agar apa yang sedang kita kerjakan bisa diberikan kemudah serta kelancaran.
0
Baca Doa Ini Jika Ingin Selamat Dunia dan Akhirat
Membaca doa juga merupakan adab dan permohonan dari hambanya kepada sang pencipta. Salah satunya doa keselamatan dunia-akhirat.
5 Tips untuk Mempertahankan Hubungan
Doa Ketika Masuk dan Keluar Masjid