Yogyakarta, (5/2/2019) - Suasana di objek wisata Kebun Binatang Gembira Loka (GL) Zoo Yogyakarta kental dengan Imlek. Di sejumlah lokasi terpajang pernak-pernik dan aksesoris Imlek. Lagu-lagu mandarin juga diputar melalui pengeras suara, sehingga seluruh area GL Zoo seluas 20 hektar ini mendengarnya.

Tentunya, ikon Imlek yang tidak ketinggalan adalah angpao. Di objek wisata yang mulai beroperasi sejak 1933 ini, ada acara bagi-bagi angpau kepada pengunjung. Angpao dibagikan oleh badut-badut Imlek yang didesain sedemikian rupa agar menarik.

Humas GL Zoo Eros Yan Renanda mengatakan, bagi-bagi angpao dilakukan sejak 3-10 Februari 2019. Badut Imlek membagikan angpao di pintu masuk gerbang zona timur. 

"Jadi selama delapan hari, badut Imlek membagikan angpao kepada pengunjung sebanyak 50-100 angpao per hari," kata Eros kepada Tagar News, Senin (4/2).

Angpao bukan berisi uang, melainkan tiket wahana yang ada di GL Zoo. "Angpao berisikan tiket wahana, seperti naik kapal katamaran, Zoo Express, ATV, perahu kayuh, speed boat, dan transport keliling di area GL Zoo," ungkap Eros.

Bagi-bagi angpao pada perayaan Imlek 2019 ini merupakan upaya managemen memanjakan pengunjung. Selain itu, wisatawan juga dihibur dengan berbagai atraksi dari sejumlah koleksi satwa yang ada di GL Zoo. 

"Selama tiga hari mulai Perayaan Imlek, badut GL Zoo tampil secara penuh," katanya.

Managemen GL Zoo sekitar seminggu menyiapkan penyambutan Imlek 2019 ini. Di sejumlah lokasi spot dihiasi dekorasi Imlek seperti lampion, bunga sakura, gambar shio babi, barongsai, lion, dan ikon-ikon Imlek lainnya. 

"Seminggu sebelum perayaan Tahun Baru Imlek, kami sudah mulai memasang hiasan Imlek," kata Tim Kreatif GL Zoo Suharjo.

Dia mengatakan, pemasangan dekorasi Imlek, khususnya dipusatkan di halaman gerbang masuk atau pintu timur GL Zoo. Selain itu juga di sepanjang undakan dan jembatan menuju arah danau buatan Mayang Tirta.

Nila Widasari (45), salah satu pengunjung mengatakan, suasana GL Zoo sangat kental dengan Imlek. Dia bersama keluarganya sangat menikmati suasana tersebut. Terlebih saat memasuki pintu masuk kebun binatang mendapat angpao.

Setelah angpao dibuka berisi tiket naik Kapal Katamaran. Kebetulan anaknya sudah sejak lama ingin menikmati wahana kapal Katamaran di GL Zoo. 

"Sepertinya pas banget. Dari dulu anak saya pingin naik kapal, sekarang terwujud naik Kapal Katamaran di sini," ujarnya. []