UNTUK INDONESIA
Ahok Bongkar Aib Pertamina, Pengamat: Kontraproduktif
Pengamat Ekonomi Indef, Abra El Talattof, menilai Ahok telah melakukan tindakan kontraproduktif dengan membuka aib yang ada di Pertamina.
Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (Foto: Antara)

Jakarta - Pengamat Ekonomi dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Abra El Talattof, menilai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok telah melakukan tindakan kontraproduktif dengan melontarkan pernyataan yang membuka aib di perusahaan yang dipimpinnya sendiri.

"Saya kira hal itu justru cenderung kontraproduktif ya. Karena beliau kan reprentasi pemerintah dalam memimpin perusahaan milik negara, jika kemudian menemukan masalah-masalah, kenapa tidak menyalurkan energinya melalui forum formal saja," kata Abra kepada Tagar, Selasa malam, 15 September 2020.

Abra mengatakan, seharusnya Ahok membuka masalah yang ada di Pertamina lewat sebuah rapat resmi dengan pemegang saham, atau melaporkannya kepada Menteri BUMN agar mendapat arahan untuk menyelesaikan rintangan dengan lebih tepat.

"Ahok kan bisa menyampaikan hal itu dalam forum internal, bicara dengan komisaris direksi, kemudian ada Rapat Umum Pemegang Saham, atau bicara ke Menteri BUMN sehingga Menteri bisa memberikan rekomendasi penyelesaian masalah secara lebih produktif," ujar Abra.

Diberitakan sebelumnya, Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok, membeberkan sejumlah fakta mengenai buruknya kinerja manajemen yang ada dalam tubuh Pertamina.

Ahok menuding ada direksi yang kerap melakukan lobi kepada menteri tertentu demi memuluskan jalan memajukan orang titipannya di jajaran pimpinan BUMN tersebut. Selain itu, ia juga mengaku menemukan adanya manipulasi gaji mantan pejabat dalam tubuh perusahaan yang dipimpinnya itu.

"Orang dicopot dari jabatan direktur utama anak perusahaan, misal gaji Rp 100 juta lebih masa dicopot gaji masih sama, alasannya dia sudah orang lama harusnya gaji mengikuti jabatan Anda," kata Ahok, dikutip Tagar sebuah video yang diunggah di saluran YouTube POIN, Selasa, 15 September 2020. []

Berita terkait
Pertamina Rugi 11,13 Triliun, PKS Minta Ahok Diganti
Menurut Mulyanto selama Ahok menjabat sebagai komut, Pertamina nyaris tidak memiliki prestasi yang layak dibanggakan.
Subsidi Ahok akan Sisakan Masalah Bagi Bisnis Pertamina
Ferdinand Hutahaean menanggapi soal ramainya perbincangan terkait rencana pengalihan Subsidi Gas Elpiji 3 kg yang disampaikan oleh Ahok.
Pertamina Rugi Rp 11 Triliun, PKS: Pecat Ahok
Wakil Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI, Mulyanto meminta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dipecat dari lantaran Pertamina merugi
0
Sebut Monyet di Facebook, Wanita Ini Dituntut Penjara
Seorang wanita yang menulis kata monyet dan ditujukan kepada wanita lainnya via akun Facebook dituntut penjara 1 tahun 6 bulan.