UNTUK INDONESIA
Wujud Kebhinekaan Hewan Kurban Jokowi di Kulon Progo
Daging kurban bantuan Jokowi di Kulon Progo juga diberikan kepada warga non muslim. Wujud kebhinekaan dan kebersamaan di Yogyakarta.
Sapi kurban bantun Presiden Joko Widodo sebelum disembelih di Kulon Progo. (Foto: Tagar/Harun Susanto)

Kulon Progo - Kabupaten Kulon Progo, Daerah Isimewa Yogyakarta (DIY), berkesempatan mendapatkan bantuan hewan kurban berupa sapi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bantuan yang diperuntukkan kepada warga Pedukuhan Paras, Kalurahan Banjarsari, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo disembelih pada Sabtu, 1 Agustus 2020 di Masjid Al-Iman Kisik-Paras.

Takmir Masjid Al-Iman, Mardi Santoso, mengatakan, sapi bantuan Presiden Joko Widodo yang bernama Si Gombloh ini berjenis Simental dengan berat sekitar 930 Kg. Panitia kurban Masjid Al-Iman mengundang tim jagal secara khusus yang berjumlah 5 orang. Mereka berasal dari Pedukuhan Degan, Banjararum, Kapanewon Kalibawang, Kulon Progo.

Menurut Mardi, daging sapi kurban penyembelihan sapi tersebut dibagikan kepada 600 kepala keluarga (KK). Selain itu warga dan masjid sekitar juga menjadi menerima. "Bahkan juga diberikan umat agama lain seperti Kristen, Katolik. Setiap warga mendapat jatah total sekitar 1 kilogram," ucap Mardi di Kalibawang, Sabtu, 1 Agustus 2020.

Pengalaman Si Jagal Sapi Bantuan Jokowi

Pada saat disembelih, tim jagal beberapa kali kesulitan karena tenaga dari sapi yang besar. Tim jagal yang akan mengikatkan tali tambang di tubuh sapi sempat mendapat perlawanan. Namun berkat pengalaman tim jagal, sapi yang dibeli dari peternak Sedayu, Kabupaten Bantul ini mampu dikuasai dan kemudian disembelih.

Bahkan juga diberikan umat agama lain seperti Kristen, Katolik. Setiap warga mendapat jatah total sekitar 1 kilogram.

Budiono, salah satu personel jagal mengakui, ketangguhan sapi bantuan dari orang nomor satu di negeri ini. Hal ini karena saat proses merobohkan, tim penjagal harus meminta bantuan warga yang hadir. "Tenaganya kuat sekali dan ukurannya juga besar," kata Budiono.

Budiono menjelaskan selama menjadi jagal sapi, dirinya baru kali mengeksekusi sapi sebesar itu. Dalam penyembelihan sebelumnya, sapi yang disembelih bobotnya hanya sekitar 5 kuintal ke bawah.

Sementara itu, salah sat penerima daging kurban, Ngatijan umur 62 mengatakan, berterima kasih kepada Presiden yang telah membantu masyarakat dengan menyumbang sapi di Iduladha tahun 2020 ini. "Kalau dilihat dari jenisnya, kualitasnya bagus dan istimewa. Nanti saat dimasak pasti lebih empuk dan enak," kata Ngatijan.

Ngatijan merencanakan, akan memasak daging sapi tersebut menjadi tongseng dan gulai dan kemudian dinikmati bersama keluarga di rumah. []

Berita terkait
Harga Si Gombloh, Sapi di Bantul yang Dibeli Jokowi
Si Gombloh, sapi milik peternak di Bantul, Yogyakarta dibeli Presiden Jokowi untuk kurban. Beratnya 940 Kg. Lalu berapa harga?
Sapi Sumbangan Jokowi Sempat Mengamuk di Kulon Progo
Rencananya sapi kurban sumbangan Presiden Jokowi untuk Kabupaten Kulon Progo akan disembelih pada hari Sabtu, 1 Agustus 2020 di Masjid Al Iman.
USM Bantu Kurban untuk Warga Demak Langganan Banjir
Kampus USM di Semarang membantu hewan kurban ke Desa Bedono di Demak. Desa itu langganan banjir rob.
0
Wujud Kebhinekaan Hewan Kurban Jokowi di Kulon Progo
Daging kurban bantuan Jokowi di Kulon Progo juga diberikan kepada warga non muslim. Wujud kebhinekaan dan kebersamaan di Yogyakarta.