UNTUK INDONESIA
WN Lithuania Meninggal Dunia di Pantai Sawangan Bali
WN Lithuani bernama Anatolij Vulf sempat hilang saat bermain kano di Pantai Sawangan, Nusa Dua, Bali pada pukul 18.00 Wita.
Basarnas Bali melakukan evakuasi terhadap WN Lithuania di Pantai Sawangan, Nusa Dua, Badung, Bali. (Foto: Basarnas Bali/Tagar)

Badung - Seorang warga negara asing (WNA) asal Lithuania bernama Anatolij Vulf, 43 tahun, ditemukan meninggal dunia usai sempat hilang saat bermain kano di Pantai Sawangan, Nusa Dua, Badung, Bali

Kepala Basarnas Bali Gede Darmada mengatakan warga negara Lithuania bernama Anatolij Vulf telah meninggal dunia pada posisi sekitar 1,2 KM arah Timur Laut dari lokasi kejadian.

Pemilik Villa curiga saat melihat kano yang digunakan korban ada di bibir pantai, tapi Anatolij tak terlihat.

"Kami terima laporan orang hilang pada hari Jumat pukul 19.10 Wita dari Ibu Kinta selaku Manager Villa Asmara Nusa Dua," ujarnya kepada Tagar melalui keterangan tertulisnya, Sabtu, 2 Mei 2020.

Gede Darmada mengatakan berdasarkan pengakuan Kinta mengatakan korban memang pergi dari penginapan untuk bermain kano di dekat Pantai Sawangan, Nusa Dua yang tak begitu jauh dari vila.

"Pemilik Villa curiga saat melihat kano yang digunakan korban ada di bibir pantai, tapi Anatolij tak terlihat. Karena tidak menemukan keberadaan korban akhirnya manajer villa melaporkan ke kami," tuturnya.

Mendapatkan laporan tersebut, pada pukul 20.00 Wita, Basarnas dan tim gabungan melakukan penyisiran di sepanjang bibir pantai Sawangan. Karena tak membuahkan hasil, akhirnya Basarnas Bali melakukan pencarian di perairan.

"Selain menyisir daratan, upaya pencarian juga dibantu dengan 1 buah jukung," kata Darmada.

Setelah tiga jam lebih melakukan pencarian, akhirnya pada pukul 23.38 Wita korban berhasil ditemukan dalam keadaan sudah tak bernyawa dan selanjutnya jenazah dibawa menuju RSUP Sanglah dengan menggunakan Ambulance BPBD Badung.

Saat melakukan evakuasi korban, terlihat petugas evakuasi menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap. Menurut Darmada, pemakaian APD lengkap menjadi kewajiban para personil penyelamatan karena terkait prosedur evakuasi di masa wabah Covid-19.

"Penggunaan APD lengkap, itu merupakan prosedur yang ada di Basarnas mengingat saat ini sedang merebaknya Covid-19. Faktor keselamatan tim rescue tetap dijadikan perhatian," tuturnya. []

Berita terkait
Bali Perpanjang Status Tanggap Darurat Covid-19
Gubenur Bali, I Wayan Koster melalui Ketua Satgas Covid-19, Dewa Made Indra mengumumkan perpanjangan status tanggap darurat Covid-19 di Bali.
Kapal Penyeberangan dari NTB ke Bali Ditutup
Untuk mencegah penyebaran Covid-19 di NTB. Pemprov NTB menutup pelabuhan dari NTB ke Bali.
Peluang Industri Fintech di Bali Besar
Bali memiliki peluang besar bagi tempat berkembangnya industri financial technology (fintech)karena banyak potensi bisnis yang bisa digarap.
0
WN Lithuania Meninggal Dunia di Pantai Sawangan Bali
WN Lithuani bernama Anatolij Vulf sempat hilang saat bermain kano di Pantai Sawangan, Nusa Dua, Bali pada pukul 18.00 Wita.