Indonesia
Waspada, Cuaca Extrim Mulai Melanda Sulsel
Kota Makassar dan sejumlah daerah lain di Sulsel diguyur hujan dengan intensitas lebat hingga ringan tanpa henti.
Ilustrasi Awan kumulonimbus di Makassar. (Foto: Tagar/Rio Anthony)

Makassar, (Tagar 17/1/2019) - Balai Besar Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kembali mengeluarkan peringatan dini, terkait cuaca ekstrim yang melanda sebagian besar daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel) di awal tahun 2019.

Dalam dua hari terakhir, Kota Makassar dan sejumlah daerah lain di Sulsel diguyur hujan dengan intensitas lebat, hingga ringan tanpa henti.

Cuaca ekstrim diperparah dengan petir dan kilat hingga angin kencang.

"Potensi kejadian angin puting beliung masih berpeluang terjadi mengingat kondisi dinamika atmosfer saat ini. Potensi kejadian puting beliung bisa terjadi pada musim hujan maupun pada saat masa transisi," kata Prakirawan Balai Besar MKG Wilayah IV Makassar Siswanto kepada Tagar News, Kamis (17/1).

BMKG memperkirakan kondisi itu akan terus bertahan hingga beberapa hari kedepan.

Sementara untuk wilayah Makassar, hujan ringan turun sejak pagi di seluruh kecamatan dengan diselingi jeda pendek. Genangan mulai muncul di sejumlah titik jalan raya, meski belum ada laporan banjir.

"Makassar masih berpotensi turun hujan hingga dinihari nanti. Kondisi cuaca pada umumnya berkisar pada suhu udara 19 hingga 30 derajat celcius dengan kecapatan angin 10 hingga 40 kilometer perjam," terangnya

"Oleh karena itu, kami himbau kepada masyarakat untuk tetap mewaspadai potensi cuaca ekstrem, hujan lebat disertai petir atau kilat dan angin kencang," pungkas dia. []

Berita terkait
0
Terminal Pelabuhan Sibolga akan Beroperasi 1 September
Sejak diresmikan Jokowi pada Maret 2019 lalu, terminal penumpang kapal penyeberangan di Pelabuhan Sibolga akan mulai beroperasi 1 September 2019.