UNTUK INDONESIA

Warganet Laporkan Bencana Banjir dengan Tagar #PrayforKalsel

Tagar #PrayforKalSel menduduki trending pertama pada Twitter pada Kamis, 14 Januari 2021.
Video amatir mengenai banjir di salah satu daerah Kalimantan Selatan. (Foto : Twitter/@zainabaathifah)

Jakarta – Curah hujan yang tinggi biasa terjadi di awal tahun. Hujan yang terjadi pada sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan menjadikan banyak lokasi terendam banjir yang cukup tinggi. Para warganet mengunggah beberapa foto dan video amatir yang memperlihatkan kondisi penduduk setempat. Tidak hanya menampilkan rumah yang terendam air, tetapi juga kondisi jalan jembatan yang terputus akibat hujan yang terus turun menambah volume tekanan banjir hingga Kamis, 14 Januari 2021.

Baca Juga:

“Full hujan seharian dari kemarin nggak berhenti-berhenti, udah banjir dimana-mana uhuhu. Cepat membaik ya bumi lambung mangkuratku #PrayforKalSel,” tulis salah satu warganet dengan akun @joeezii. Hampir diseluruh bagian Kalimantan Selatan mengalami banjir yang cukup deras. Beberapa warga memilih mengungsi dan ada yang menetap di lantai atas rumah masing-masing.

“#PrayforKalSel Semoga lekas turun airnya dan hujannya cepat reda. Jadi sebelumnya kita tuh hampir nggak pernah setinggi ini guys, yang ada di daerah udah separah ini. Kalo aku di Banjarmasin masih aman, rumah temenku ada yang udah kelelep juga. Semoga rumah ku nggak kena Ya Allah,” tulis akun @Secret_ikonic dengan melampirkan foto bersumber dari temannya yang wilayah rumahnya telah terendam banjir.

Pray For KalselFoto yang digunakan sebagai bentuk belasungkawa atas terjadinya bencana banjir disejumlah wilayah Kalimantan Selatan. (Foto : Twitter/@joeezii)

Beberapa warganet yang terkena banjir menuliskan pengalaman mereka, mengakui tidak pernah mengalami banjir yang tinggi sebelumnya, bahkan ada juga yang daerahnya tidak pernah terendam air sekalipun. “Disini banyak loh tempat-tempat yang kada pernah banjir sama sekali. Teumpat kebanjiran jua maka airnya dalam. Tahun ini benar-benar banjir terparah,” tulis akun @khrnniisa dengan menggunakan dialek setempatnya.

Seorang warganet dengan akun @RJLetsGo membuat sebuah utas mengenai banjir yang terjadi di Kalimantan Selatan ini. “Sejak kecil aku jarang banget denger banjir di pulau Kalimantan, banjir jarang terjadi di sana karena Borneo dulunya berstatus salah satu sumber oksigen terbesar di Bumi. Kenapa sekarang bisa terjadi banjir sehebat ini? Mari kita renungkan-,” tulisnya pada tweet pertamanya.

“Seberapa banyak pohon yang ditebang per hari-nya? Bahkan menurut ESA dan NASA EARTH, salah satu penyebab terjadinya banjir besar adalah penggundulan hutan itu sendiri. Jika kita cerna, banyak hal yang terjadi jika populasi pohon semakin menipis. Salah satunya banjir,” lanjutnya.

“Bahkan satwa hutan bisa benar-benar kehilangan tempat hidupnya dan akhirnya mati begitu saja, ini juga salah satu penyebab beberapa satwa menjadi langka, kehilangan tempat hidup dan banyak menjadi korban perburuan manusia. Lalu siapa yang menjadi dalang dari semua ini?” tambahnya.

“Semoga kedepan makin banyak project reboisasi hutan, sehingga musibah banjir seperti ini bisa kita minimalisir. Stay safe semua yang ada di Kalimantan. Doa terbaikku untuk kita semua,” tulisnya dalam mengakhiri utas yang telah ia buat. 

Tweet dari salah satu warganet ini memiliki perhatian masyarakat lainnya hingga memiliki likes kurang lebih sebanyak 500 orang. Salah satu warga yang mengalami banjir pun juga ikut membalas. “Malam tadi airnya tinggi banget. Semoga male mini enggak lagi. Nggak cuma penebangan sih kak, samoah juga banyak di sungai. Orang-orang masih belum sadar kayaknya,” balas akun @kimj00nie.

Banjir KalselCuitan warganet yang memuat foto kondisi banjir disalah satu daerah Kalimantan Selatan. (Foto : Twitter/@Secret_ikonic)

“Jembatan di Bawahan Pasar, Jl. A Yani putus ya guys. Sementara jalur utama arah Hulu Sungai lumpuh total. Minta doanya untuk Kalimantan Selatan,” tulis akun @zaibaathifah, salah satu warganet yang melaporkan kondisi setempat dengan mengunggah sebuah video amatir memperlihatkan jembatan yang terputus akibat derasnya aliran banjir. “Sederas itu airnya. Btw kemarin baru aja warung di samping jembatan itu hanyut, sekarang malah jembatannya yang hanyut,” tambahnya.

Baca Juga:

Selain itu, juga ditemukan tulisan lainnya yang ikut membantu untuk mendoakan agar banjir cepat surut oleh masyarakat sebagai bentuk kepedulian sesama. “Aku dengar dari teman Kalimantan Selatan lagi banjir ya. Buat teman-teman di sana stay safe ya, semoga cepat surut dan kalian sekeluarga diberi kesehatan selalu, Amiin..,” tulis akun @kingshadowtae. (Hafidjah Nuraulia S)

Berita terkait
Pemkab Kudus Siapkan Jaring Sampah di Sungai Rawan Banjir
Jaring sampah di sungai rawan banjir di Kudus disiapkan di APBD Perubahan. Jaring sampah akan dipasang di hulu sungai.
Banjir Lahar Gunung Merapi Terpantau di Sejumlah Titik
Hujan lebat yang mengguyur area Gunung Merapi, memunculkan lahar hujan di beberapa titik sungai Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
Banjir di Blora Rendam Ratusan Rumah Warga di Tujuh Desa
Hujan deras membuat Sungai Ngareng, Blora, meluap. Imbasnya, ratusan rumah warga di tujuh desa dan kelurahan di sekitarnya terendam banjir.
0
Warganet Laporkan Bencana Banjir dengan Tagar #PrayforKalsel
Tagar #PrayforKalSel menduduki trending pertama pada Twitter pada Kamis, 14 Januari 2021.