UNTUK INDONESIA
Warga Majalengka Meninggal Viral di Media Sosial
Sebelum meninggal dunia, almarhum sempat dirawat di dua puskemas di Majalengka dan dirujuk ke RS Hasna Medika, Kuningan.
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Majalengka, Alimuddin. (Foto: Tagar/Istimewa).

Majalengka - Warga Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, sempat dihebohkan dengan meninggalnya salah seorang pria yang dikabarkan meninggal dunia karena Covid-19 di Rumah Sakit Hasna Medika, Kabupaten Kuningan, Jumat, 24 April 2020.

Kabar meninggalnya warga asal Kecamatan Cikijing, Majalengka, itu viral beredar di media sosial setelah kematiannya diduga terpapar SARS-CoV-2 yang telah mewabah ke hampir seluruh negara di dunia.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Majalengka pun langsung memberikan klarifikasi terkait meninggalnya pria yang sehari-hari bekerja sebagai pedagang itu.

Menurut Juru Bicara Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Majalengka, Alimuddin, almarhum meninggal dunia karena sakit jantung. Hal ini diketahui berdasarkan hasil diagnosa rumah sakit tempat dimana ia dirawat. "Data yang kami terima dari Rumah Sakit Hasna Medika Kabupaten Kuningan yang bersangkutan meninggal dunia akibat penyakit jantung (syok cardiogenic)," kata Alimuddin, Sabtu, 25 April 2020.

Ali sapaan Alimuddin menjelaskan, pihaknya tidak memasukan almarhum dalam kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP), karena memang semasa hidupnya, almarhum tidak ada gejala penyakit Covid-19.

Menurut Ali, hal ini diperkuat ketika tim melakukan wawancara langsung dengan keluarga pasien. Mereka semua menjelaskan jika almarhum tidak mengeluh pilek, sesak napas, demam tinggi, atau gejala lainnya yang mengarah ke Covid-19.

Dengan begitu, lanjut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka ini, pihaknya membantah berita yang viral di media sosial ini. Sehingga pesan berantai tersebut merupakan hoaks. "Tapi kami juga sudah melakukan rapid test kepada keluarga dekat korban dan hasilnya semua negatif,"tutur Ali.

Sebelumnya, viral pesan berantai yang menyebutkan jika pada pada Jumat, 24 April 2020 sekira pukul 10.00 Wib telah diterima informasi ada warga Kecamatan Cikijing meninggal dunia oleh Covid-19, berdasarkan hasil rapid test yang hasilnya positif. Almarhum pernah menjalani perawatan di dua puskesmas di Majalengka dan terakhir meninggal di Rumah Sakit Hasna Medika Kabupaten Kuningan dengan riwayat sakit jantung. []

Berita terkait
Pemudik Asal Majalengka Terpapar Covid-19 di Jakarta
Dari informasi yang diperoleh, pasien berjenis kelamin laki-laki ini terpapar di tempat kerjanya di Jakarta, terdeteksi ketika dia pulang mudik
0
Sejarah Hari Dokter Nasional 24 Oktober
Hari Dokter Nasional diperingati setiap tanggal 24 Oktober. Sedangkan Dokter pertama di dunia yang tercatat dalam sejarah adalah Imhotep.