Wajib Dicoba, Inlah 5 Keuntungan Berinvestasi Berlian

Jika beralih pada negeri Tirai Bambu, sekitar 60% pasangan calon pengantin menggunakan berlian sebagai cincin dan perhiasan kawinnya.
Keuntungan Investasi Berlian (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Jika kamu ingin berinvestasi namun tetap menomorsatukan gaya hidup dan perhiasan diri, berlian adalah jawabannya. Karena bentuknya yang cantik dan bernilai tinggi membuat banyak orang tertarik terhadap investasi berlian.

Jika beralih pada negeri Tirai Bambu, sekitar 60% pasangan calon pengantin menggunakan berlian sebagai cincin dan perhiasan kawinnya. Hal tersebutlah yang menyebabkan harga berlian di Cina sangat tinggi dan terus meningkat.

Lalu sebenarnya apa keuntungan investasi berlian? Berikut penjelasannya.


1. Anonimitas

Berbeda dengan instrumen investasi lainnya seperti saham, obligasi, dan reksa dana, kamu harus mencantumkan namamu sebagai pemilik atau investor. Namun dalam kasus ini, berlian bersifat anonim karena tidak membutuhkan pendaftaran khusus yang mengharuskan namamu tertera pada dalam surat kepemilikan. Hal ini membuat berlian menjadi aset berharga dan sifatnya yang sangat pribadi.


2. Nilainya Bertahan Lama

Walaupun harga berlian tidak seflkutuatif emas, namun keduanya memiliki kekebalan akan adanya inflasi. Karakter berlian yang keras dan tidak terpacu oleh waktu, membuat harga belian pula tidak terikat dengan ketentuan pemerintah. Hal ini yang menyebabkan harga berlian tetap stabil walaupun ekonomi sedang terguncang.


3. Cenderung Semakin Mahal

Karena tingkat kesulitan dalam menambang berlian sangat tinggi, membuat harga berlian menjadi mahal. Selain itu berkurangnya pasokan berlian ke pasa menyebabkan kuantitasnya menjadi sedikit dan menjadikannya semakin mahal.


4. Multifungsi

Selain bermanfaat sebagai bahan investasi yang menguntungkan, berlian juga ternyata bermanfaat untuk banyak hal. Seperti sebagai cincin kawin bagi pasangan pengantin yang ingin beda selain emas. Selain itu, berlian juga dapat menjadi perhiasan dan mempercantik dirimu, atau bahkan meningkatkan status sosialmu di mata masyarakat.


5. Bisa Untuk Warisan

Seperti emas dan perhiasan lainnya, berlian juga dapat diberikan sebagai warisan untuk anak-cucu di masa yang akan mendatang. Tentunya walaupun bentuknya cenderung sama, namun nilai sejarah dan emosionalnya sangat tinggi. Hal ini karena telah dipakai dan digunakan secara turun temurun.[]


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
Tips Menata Ruangan Apartemen Kecil Menjadi Terasa Luas
Semakin tingginya permintaan kebutuhan perumahan membuat beberapa orang memilih tinggal di apartemen.
MUI Haramkan Penggunaan Cryptocurrency Sebagai Mata Uang
MUI menilai Cryptocurrency mengandung gharar, dharar dan bertentangan dengan UU No.7 Tahun 2011 dan Peraturan BI No.17 tahun 2015
No Tipu-Tipu! Aplikasi Investasi Pluang Hadirkan 15 Produk
Platform investasi Pluang menghadirkan 15 produk reksa dana baru dari berbagai kelas aset untuk memudahkan penggunanya. Simak selengkapnya.
0
Wajib Dicoba, Inlah 5 Keuntungan Berinvestasi Berlian
Jika beralih pada negeri Tirai Bambu, sekitar 60% pasangan calon pengantin menggunakan berlian sebagai cincin dan perhiasan kawinnya.